Memulai Bisnis Konsultant IT

Setelah mengupas tuntas mengenai Bisnis Software House dan tentunya pembaca setia telah mengikuti Kontes Humor Jokes.Web.ID. Saatnya mengupas tuntas materi kedua dalam Aplikasi Bisnis Di Bidang TIK yaitu Bisnis Konsultant IT. Dalam postingan ini Fauzi Online akan menjelaskan mulai dari pengenalan, latar belakang, contoh proyek, tantangan, serta keahlian yang diperlukan oleh Konsultant IT.

Pengenalan Bisnis Konsultan IT
bisnis konsultant it
Bisnis Konsultant IT
Sumber Gambar (http://javadigital.net)
Di era digital seperti sekarang ini bisnis yang berhubungan dengan perangkat IT menjadi lahan yang mempunyai prospek yang cerah. Berbagai macam jasa ditawarkan mulai dari instalasi jaringan, maintenance komputer, development software atau website. Bisnis konsutan IT merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa, di mana seorang konsultan memberikan saran kepada klien teknologi informasi apa yang arus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah atau memperbaiki struktur dan efisiensi pada sistem IT.

Latar Belakang Bisnis Konsultan IT 
Konsultan IT harus mampu berpikir out of the box dan obyektif dalam menghadapi masalah klien mereka. Setelah berhasil mengidentifikasi akar permasalah tersebut maka akan ditawarkan beberapa alternatif jalan keluar dan solusi dari segala aspek beserta dengan konsekuensi yang ada apabila solusi tersebut dipilih. Karena inti dari pekerjaan ini adalah solving problem atau seorang problem solver.

Terdapat beberapa modal utama untuk membangun bisnis konsultan IT diantaranya:
  1. Wawasan dan keahlian di bidang komputer
  2. Modal pertama untuk menjalani bisnis ini adalah pengetahuan serta keahlian mumpuni dalam mengoperasikan komputer. Perkembangan teknologi yang sangat cepat, menuntut seorang konsultan harus senantiasa mengikuti setiap tren dan peluang teknologi yang akan datang.
  3. Memiliki perangkat komputer
    Salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki untuk membangun bisnis konsultan IT adalah komputer. Deviceini tak hanya berguna untuk mengelola bisnis secara lebih efisien dan efektif tapi juga bisa menambah klien secara online.
  4. Internet
    Internet diperlukan untuk memperluas jaringan bisnis atau promosi, serta mencari berbagai dukungan yang berhubungan dengan proyek dan informasi klien yang sedang ditangani.
Contoh Proyek Bisnis Di Bidang Konsultan IT
Proyek yang ditangani pada konsultan IT mempunyai berbagai macam banyak contohnya, karena semua aspek bidang usaha tidak lepas dari perihal teknologi informasi. Berikut contoh proyek yang dapat ditangani oleh konsultan IT, antara lain:
  1. Menguji vulnerability sistem internet banking sebuah bank
  2. Membangun Sistem Baru
  3. Instalasi dan troubleshooting modul-modul ERP
  4. Menangani konversi database pelanggan ke server
  5. Pembuatan layanan could computing pada perusahaan
  6. Membangun atau maintenance jaringan
  7. Dan lain sebagainya
Tantangan Pada Bisnis Konsultan IT
Terdapat beberapa faktor yang dijadikan suatu tantangan untuk membangun bisnis di bidang konsultan IT. Faktor-faktor tantangan tersebut antara lain:
  1. Konsultan IT harus cepat tanggap terhadap perubahan teknologi yang berkembang baik dari segi hardware dan software.
  2. Harus mampu meningkatkan kualitas SDM untuk mengikuti perkembangan teknologi agar dapat bersaing dengan kompetitor lain
  3. Harus mampu mengumpulkan banyak portfolio agar terlihat performa kerja yang tingi dan sisi profesionalisme yang bagus dari calon segi klien. Banyaknya portfolio atau project yang pernah ditangani maka dapat mengundang calon klient akan mau bekerja sama dan menginginkan jasa konsultan IT tersebut.
Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Konsultan IT
Dalam membangun bisnis di bidang konsultan IT dibutuhkan beberapa keahlian untuk dapat mendapatkan tujuan dan target sesuai dengan keuntungan bisnis konsultan yang akan dijalankan. Adapun keahlian dari konsultan IT antara lain:
  1. Berpengalaman dan menguasai berbagai macam proses bisnis enterprise atau jenis bisnis terentu 
  2. Menguasai teknologi IT secara luas
  3. Menguasai secara mendalam tentang solusi software yang direkomendasikan
  4. Menguasai penulisan dokumen dan komunikasi verbal dengan baik
Demikianlah postingan Fauzi Online mengenai materi Bisnis Konsultant IT. Bagi teman-teman pembaca setia Fauzi Online yang ingin memulai bisnis di bidan ini semoga sukses dan jangan patah semangat! 
Semoga bermanfaat.

Referensi:
URL: http://desainlogodesign.com/tips-memulai-bisnis-konsultan-yang-merubah-percaturan-dunia-usaha-1555.html.Diakses tanggal 20 Maret 2013.

0 comments:

Post a Comment