Memulai Bisnis Software House

Postingan sebelumnya telah dibahas mengenai Aplikasi Bisnis Di Bidang Teknologi Informasi. Jenis bisnis tik di antaranya adalah Bisnis Software House. Kali ini Fauzi Online akan memaparkan mengenai materi Bisnis Software House.

Software house adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang software development. Requirement yang dibutuhkan oleh sebuah software house adalah : sistem informasi ini mampu menangani beberapa aspek dasar dalam setiap perusahaan, diantaranya adalah kepegawaian, transaksi project, dan inventaris perusahaan.

bisnis software house
Bisnis Software House
Sumber Gambar (http://skysoft.co.id)
Bisnis software house adalah sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software) yang hasil produksinya bisa untuk client tertentu (seperti aplikasi intranet untuk sebuah company) , atau bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil, dll) yang bisa digunakan oleh banyak client. Bisnis software house ini bisa menjadi campuran di dalam bisnis Konsultan IT. Software house itu sendiri di definisikan sebagai sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk client tertentu (seperti aplikasi marketing untuk sebuah perusahaan) , atau yg bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, supermarket, warnet, dll) yang bisa digunakan oleh banyak client.

Sumber Daya Manusia / SDM pada Software House dibedakan menjadi beberapa posisi yaitu:
  1. Manajer
  2. Programmer
  3. Desainer
  4. Database
  5. Administrator
  6. Dokumentator
Status pegawai juga dibedakan menjadi pegawai full time dan part time.
  1. Pegawai Full Time
    Pegawai full time memiliki waktu kerja 8 jam perhari dengan hari kerja Senin-Sabtu. Jadwal kerja untuk pegawai full time dibagi menjadi dua shift yaitu shift pagi dan shift malam. Bonus akan diberikan perbulan kepada pegawai yang menangani lebih dari satu project sekaligus.
  2. Pegawai Part Time
    Pegawai part time memiliki jam kerja minimal 100 jam perbulan dengan hari kerja yang fleksibel. Jika jam kerjanya kurang dari 100 jam perbulan, maka gaji pegawai tersebut dihitung dengan mengalikan jumlah jam kerja dengan gaji perjam pegawai tersebut sesuai dengan jabatannya.
Setiap project yang ditangani oleh perusahaan memiliki alokasi waktu, alokasi biaya, rentang waktu pelaksanaan, siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan project, dan customer karena nantinya hal ini berpengaruh pada kejelasan progress report dari setiap project. Ada tiga jenis project yang ditangani oleh perusahaan, antara lain:
  1. Software Development
    Software Development pihak customer dapat memilih paket yang disediakan oleh perusahaan yang terdiri dari pembuatan software aplikasi, tutorial dan maintenance. Namun pihak customer dapat tidak memilih paket tersebut yang berarti hanya memesan software aplikasi sehingga biaya yang dikenakan lebih murah.
  2. Tutorial
    Pada kategori Tutorial, hal yang menentukan adalah lamanya kegiatan tutorial dan jumlah peserta tutorial.
  3. Riset
    Kategori ini dilakukan ketika pegawai sedang idle (keadaan di mana pegawai tersebut sedang tidak menangani suatu project).
Inventaris perusahaan dibagi menjadi dua yaitu inventaris yang bersifat statis dan dinamis.
  1. Inventaris yang bersifat statis contohnya adalah kekayaan perusahaan seperti computer, lemari, meja, kendaraan bermotor, dll.
  2. Inventaris yang bersifat dinamis contohnya adalah hasil karya perusahaan dalam bentuk CD tutorial maupun program.
Kemudian selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha bisnis software house ini:
  1. Marketing (pemasaran) merupakan kekuatan utama untuk mendapatkan banyak client.
  2. Kepuasan pelanggan (client) berkaitan dengan produk dan layanan yang diberikan oleh software house. Termasuk pula di sini keaktifan pihak customer support dalam mem-follow up si client pasca penyerahan produk.
  3. Developer team (tim pengembang) yang handal: yakni para programmer yang ada di balik suatu produk/aplikasi. Dari tangan mereka lah, sebuah produk handal dihasilkan.
Demikianlah postingan mengenai bisis software house. Bagi teman-teman pembaca setia Fauzi Online yang berminat untuk membangun bisnis IT ini semoga sukses. Semoga Bermanfaat.

Referensi: http://www.sentrakukm.com/skim2/index.php/skemaUsaha/50, Diakses tanggal 20 Maret 2013.

0 comments:

Post a Comment