Pengenalan Sistem Operasi Terdistribusi

Berkaitan dengan materi Ujian Utama, dan mempersiapkan soal ujian utama untuk menambah refrensi postingan "Kumpulan Soal Ujian Utama" Fauzi Online, di sini akan merefresh materi mengenai pengenalan sistem operasi terdistribusi.

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi dan bertambahnya kebutuhan manusia memacu perlombaan di bidang pengembangan ilmu pengetahuan. Tidak heran bila saat ini salah satunya kita temukan banyak sekali sistem operasi yang beragam jenis dan untuk tujuan penggunaannya. Salah satunya kini adanya sistem operasi terdistribusi sebagai pendukung Internet/Network Computing.


Model sistem operasi ini ada dalam generasi keempat dari sejarah sistem operasi yang mempunyai ciri khusus dimana pemakai tidak perlu menyadari komputer mana yang bekerja untuk melaksanakan tugas komputasi. Ibaratnya, pemakai ingin ini dan mendapat hasil komputasi yang diinginkan tanpa memandang oleh siapa pekerjaan itu dikerjakan. Semua alokasi sumber daya dan penanganan kerja dikendalikan oleh sistem operasi. Dicirikan pula menggunakan banyak komputer yang saling terhubung, untuk melakukan komunikasi proses antar komputer yang bekerja.

Alasan mengapa diperlukan jenis sistem operasi ini antara lain kebutuhan manusia akan komputasi yang cepat dan akurat yang tidak dapat ditangani oleh sebuah mesin komputer misal perhitungan dalam peramalan posisi benda langit di lembaga penelitian luar angkasa. Selain itu pula digunakan untuk menangani beban permintaan yang besar semisal search engine agar mampu menangani ribuan request serentak tanpa mengalami gangguan penundaan pelayanan semisal semisal http://www.google.com yang memiliki komputer cluster terbesar didunia.

Adapun kekurangan dari model sistem operasi terdistribusi ini adalah disisi penggunaan energi yang digunakan untuk ‘menghidupkan’ komputer-komputer yang digunakan sebagai cluster. dan peralatan pendukung lainnya misal piranti jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer. Dari sisi teknis yang melibatkan banyak komponen, tentu saja delay komunikasi tidak dapat diprediksikan dan tidak ada referensi clock yang universal yang dapat dijadikan system clock.

Pada saat ini, jumlah sistem operasi terdistribusi sangatlah banyak. Namun pada postingan selanjutnya Fauzi Online akan membahas khusus mengenai sistem operasi Amoeba yang merupakan salah satu dari contoh sistem operasi terdistribusi.

Semoga Bermanfaat.. Tunggu yah.. :)

0 comments:

Post a Comment