Pengenalan Sistem Operasi Amoeba

Melanjutkan postingan Fauzi Online yaitu Pengenalan Sistem Operasi terdistribusi kali ini, Fauzi Online menjelaskan mengenai sistem operasi amoeba. Bukan nama spesies makhluk hidup yah.. hehe tapi ini sesuatu teknologi sistem operasi yang harus diketahui oleh setiap anak IT, khususnya yang tertarik dengan network.

Amoebaadalah salah satu sistem operasi yang merupakan bagian dari penelitian Profesor Andrew S. Tanenbaum yang juga perintis MINIX. Amoeba didesain untuk sekumpulan mesin komputer yang terhubung untuk membuat mesin-mesin itu bekerja bersama sebagai satu sistem yang terintegrasi. Tujuan utamanya adalah distribusi, pararelisme, transparansi dan kinerja.

Kelahiran Amoeba juga meruapakan  sebuah proyek penelitian yang sedang berlangsung dan dianggap sebagai platform untuk melakukan penelitian dan pengembangan sistem terdistribusi dan sistem paralel, bahasa, protokol dan aplikasi. Meskipun memberikan beberapa UNIX emulasi, dan pasti UNIX-seperti rasa (termasuk lebih dari 100 UNIX-seperti utilitas), itu adalah tidak plug-compatible pengganti UNIX.

Amoeba ditujukan untuk komputasi terdistribusi baik (beberapa pengguna independen bekerja pada proyek-proyek yang berbeda) dan komputasi paralel (misalnya, satu pengguna menggunakan CPU 50 untuk bermain catur secara paralel). Sistem operasi ini juga menyediakan mekanisme yang diperlukan untuk melakukan keduanya aplikasi terdistribusi dan paralel, tetapi kebijakan sepenuhnya ditentukan oleh user-level program. Sebagai contoh, baik tradisional (yaitu berurutan) membuat dan paralel baru amake disediakan.

Saat pengguna akan menggunakan sistem operasi ini pengguna akan ditampilkan suatu layar login yang hampir mirip dengan tampilan GUI dari Linux. Tampilan login pada Sistem Operasi Amoeba dapat dilihat pada Gambar berikut ini:
Sekian postingan Fauzi Online mengenai sistem operasi Amoeba,
Semoga bermanfaat .. See ya.. :)






1 comment:

  1. Nice post. I learn something new and challenging on blogs
    I stumbleupon every day. It will always be helpful to read through articles
    from other authors and use a little something from their web sites.
    Feel free to surf my web site online casino bonus codes

    ReplyDelete