Strategi Berorganisasi

Kadang dalam peperangan sebuah negara ataupun sebuah games perang seringkali kita mendengar dari kata strategi. Strategi perang ataupun taktik perang sering kita anggap adalah keahlian dari sebuah pemimpin untuk mengatur komando dari anak si buah untuk mencapai suatu tujuan, yaitu negara jajahan atau perlawanan terhadap penjajah misalnya. Kali ini saya akan memberi sedikit penjabaran untuk mengartikan strategi dalam hal konteks lain yaitu dalam hal strategi organisasi.

Pengertian strategi organisasi sangatlah beda dengan konteks strategi perang , ada beberapa pengertian yang saya ambil dari beberapa ahli bahasa antara lain:
Menurut Oxford Pocket Dictionary Strategi merupakan Seni perang, khususnya perencanaan gerakan pasukan, kapal, dan sebagainya menuju posisi yang layak; rencana tindakan atau kebijakan dalam bisnis atau politik dan sabagainya.
Sedangkan Menurut Alfred Chandler (1962) Strategy & Structure MIT Press,Cambridge. Strategi merupakan penetapan sasaran dan tujuan janngka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan itu.


Dari dua garis besar pengertian ahli bahasa dasar di atas dapat disimpulkan bahwa strategi organisasi merupakan “Memadukan tema pokok yang memberikan koherensi serta arah tindakan dan keputusan suatu organisasi”. Dengan kata lain untuk mencapai sebuah keberhasilan dari suatu tujuan diperlukan adanya strategi.
Apa Hubungan Strategi dengan Keberhasilan Suatu Organisasi ?
Dalam suatu penalaran yang mendasari penelitian manajemen strategi adalah ba hwa melalui formulasi dan penerapan strategi yang efektif kinerja perusahaan dapat ditingkatkan.

Pada umumnya, strategi yang berhasil mengkombinasikan empat karakteristik utama :
1. Sasaran sederhana jangka panjang.
Landasan setiap strategi organisasi harus merupakan kejelasan dari sasaran. Apabila tidak ada konsensus dan konsistensi terhadap sasaran, strategi tidak akan dapat memberikan stabilitas dan kesatuan arah.
2. Melalui analisis lingkungan pesaingan.
Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan yang umum dari konsumen anggota masyarakat. Pemahaman tentang penilaian pasar saham,pandangan terhadap kemungkinan potensi akuisisi, dan keahlian dalam mengiden-tifikasi dan memotivasi para manajer.
3.Penerapan yang efektif.
Strategi yang paling cemerlang tidak akan berguna jika tidak diterapkan secara efektif. Penerapan yang efektif memerlukan pembentukan kepemimpinan, struktur organisasi, dan sistem manajemen yang memegang teguh komitmen dan koordinasi seluruh pegawai, dan mobilisasi sumber daya untuk melengkapi strategi tersebut.
Demikian sekiranya beberapa strategi yang teman-teman dapat terapkan dalam organisasi yang mungkin sedang dijalankan, sehingga kita dapat bersama-sama menjalankan aktivitas organisasi yang kita ikuti dalam organisasi kampus maupun luar kampus.

Referensi:
http://imadiklus.com/2009/11/strategi-organisasi.html
http://www.docstoc.com/docs/3143895/Manajemen-Strategi

0 comments:

Post a Comment