Komunitas dan Organisasi

Setelah direnungi saat jiwa kita berdiri sendiri dalam sepinya malam saat itulah kita menyadari bahwa kita tidak dapat lepas dari intertaksi dengan orang lain. Berinteraksi dan bersosialisasi merupakan kebutuhan dasar yang telah ada pada diri setiap manusia sejak lahir ke dunia.

Dalam berinteraksi di masyarakat, kita memerlukan kebersamaan dan kekompakan untuk menjaga kerukunan satu sama lain. Hal ini sangat penting artinya dalam menjaga hubungan interaksi sosial agar dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari berbagai konflik. Saling pengertian antar individu mutlak diperlukan untuk mewujudkan ketentraman dan kedamaian dalam suatu masyarakat. Selain itu kebersamaan dan kekompakan juga sangat diperlukan untuk mencapai suatu tujuan. Sebuah tim yang memiliki suatu visi perlu menjaga kekompakan dari seluruh anggota timnya agar dapat menjalankan misi-misi mereka untuk mencapai visi yang di cita-citakan.

Ada beberapa cara untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan yang dapat kita lakukan. Diantaranya adalah melalui komunitas dan organisasi. Kedua hal ini memiliki peran penting untuk memupuk kebersamaan dan kekompakan bagi anggotanya. Dalam sebuah komunitas, anggota-anggotanya pada umumnya memiliki kegemaran yang sama. Dari kesamaan hobi atau kegemaran inilah anggota-anggota dalam suatu komunitas dapat menjalin pertemanan. Acara-acara yang diselenggarakan dalam sebuah komunitas umumnya berfokus pada tujuan untuk mempererat kebersamaan antar anggotanya.

Sebagai contoh, banyak Komunitas di kampus Gunadarma seperti komunitas GAMAGUDABO (Gabungan Mahasiswa Gunadarma Bogor) yang sering mengadakan acara kopdar bareng, donor darah, atau santunan sosial yang tidak lain adalah untuk lebih mempererat pertemanan yang terjalin baik dengan sesama anggota komunitas maupun dengan masyarakat di luar komunitas kampus tersebut. Dengan terjalinnya pertemanan yang erat inilah akan mudah terwujud suatu kebersamaan dan kekompakan dalam suatu komunitas.

Selain Komunitas Gamagudhabo ada juga komunitas-komunitas lain seperti Komunitas Photografer, Komunitas Pecinta Harley, Komunitas Game, dan lain lain. Semuanya pada umumnya memiliki tujuan untuk mempersatukan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan kegiatan yang sama untuk dapat menjalin suatu kebersamaan sehingga mereka dapat menyalurkan dan mengembangkan hobi yang mereka miliki dengan baik. Selain komunitas, organisasi juga merupakan sarana ampuh untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan. Organisasi yang terstruktur dengan baik sangat efektif untuk mengatur hubungan antar anggotanya. Melalui berbagai peraturan dan budaya yang berlaku dalam organisasi dapat terjalin suatu hubungan yang harmonis antar anggotanya. Sebagai contoh, organisasi yang terstruktur dengan baik saat kita duduk di bangku SMA yaitu organisasi OSIS dan Pramuka. Organisasi-organisasi tersebut mendidik anggotanya untuk memiliki semangat bersatu, bekerja sama, serta berdisiplin sehingga akan mudah terjalin kebersamaan dan kekompakan dalam organisasi tersebut.


Jadi kesimpulanya baik dalam komunitas maupun organisasi, setiap anggotanya perlu memiliki sikap saling menghargai dan saling mengerti untuk dapat mempertahankan keutuhannya. Ketika mmenghadapi suatu permasalahan dalam komunitas maupun organisasi, penyelesaiannya harus dilakukan bersama-sama. Kebersamaan akan mudah tercerai-berai saat ada suatu masalah yang tidak dipecahkan secara bersama atau mementingkan salah satu pihak. Untuk itu, musyawarah mutlak diperlukan dalam setiap komunitas atau organisasi.

Referensi:
http://miftahur.com/peran-komunitas-dan-organisasi-dalam-mempererat-kebersamaan-dan-kekompakan
http://community.gunadarma.ac.id/

0 comments:

Post a Comment