Pengenalan Visual Basic

Setelah kita mengenal mengenai bahasa pemrograman dasar dengan mempelajari QBasic,, berlanjut ke pemrograman tingkat lanjut yaitu Visual Basic, Visual Basic merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang merupakan pengembangan dari versi DOS sebelumnya yaitu Basic.

Visual Basic bahasa pemrograman visual dan events driven dalam visual basic, program dikerjakan dalam lingkungan grafis. karena pengguna atau user dapat mengklik pada obyek tertentu secara random, maka setiap obyek harus diprogram secara independen dapat merespon terhadap tindakan-tindakan itu (even).

Tipe data yang ada di visual basic antara lain:
1. Tipe data Numerik yaitu terdiri dari integer, long, dan single
2. Tipe data Integer/Long yaitu bilangan bulat (seperti 1,2,3,4 dst)
3. Tipe data Curency, Single, Double yaitu bilangan desimal (seperti 2,5)
4. Tipe data Byte yaitu data biner dan hexadesimal
5. Tipe data String yaitu data berupa kalimat
6. Tipe data Boolean yaitu menyimpan informasi True/False
7. Tipe data Date yaitu menyimpan informasi Tanggal dan Jam

Berikut contoh beberapa program Sangat Sederhana yang pembuatannya menggunakan Visual Basic 6.0 silahkan dapat teman-teman pelajari untuk dapat dimodifikasi atau dapat menambah koleksi beberapa program yang telah ada sebelumnya ^_^:
Program Konversi Suhu (Mengubah Konversi Suhu)
Keterangan: Program berisi bagaimana seorang user dapat mengukur suhu dari suhu celcius ke suhu fahrenheit dengan hanya memasukan nilai suhu celcius dan akan menghasilkan berapa suhu fahrenheit nya, begitu pula jika user ingin mengubah dari suhu fahrenheit menjadi suhu celcius dan reamur.
Silahkan unduh programnya di sini

Program Shut Time atau shut down otomatis (created by fauzi)
Keterangan: Program yang dibuat tidak saya sengaja.. hehe tapi mempunyai manfaat yang sangat berarti bagi saya sendiri soalnya jika sudah larut malam namun laptop ingin tetap saya nyalakan sambil mendengarkan desiran fan dan juga alunan music yang senantiasa laptop dendangkan untuk saya, dengan tanpa disadar saya telah tertidur namun kasihannya laptop tetap keadaan standbye sampai pagi?? sungguh sebuah penyiksaan! maka dari itu program ini dapat mengatur kapan laptop anda akan shut down alias bobo dengan menyetting jam berapa waktu tidur si laptop kesayangan kita! program juga dilengkapi password pengenal sang penyetting lho.. hehe
Silahkan unduh programnya di sini

Program Mengukur Berat Badan Ideal
Keterangan: Program yang berfungsi untuk mengetahui apakah berat badan anda sudah ideal atau belum?
Silahkan unduh programnya di sini

Dan Bagi yang mau memberi saran atau tambahan silahkan saatnya berkomentar di bawah yah?

1 comment:

  1. hahaha...jadi bosnya vb nih di kelas...

    ReplyDelete