Perbedaan Pendapat

Sebuah perbedaan antara konsep pendapat satu dengan yang lainnya di suatu pertemuan maupun forum yang dihadiri mahasiswa dalam suatu kampus yang berbeda fakultas, hal yang sangat sering kita alami karena sebuah karakter dan konsep pemikiran seorang manusia satu dengan yang lainnya memang tidak selalu serupa dan berjalan sama, karena apa? karena ruang lingkup kehidupan masing-masing individu yang berbeda-beda, bagaimanakah kita menanggapinya? apa kita harus meyakini sebuah statement atau pendapat yang kita kukuhkan sebagai pendapat yang paling benar?

Semua tergantung situasi kondisi dan penyebab suatu pendapat yang nantinya mengakibatkan efek terhadap pendapat kita atau tidak. Sebuah pendapat yang benar memang harus kita pegang teguh hal tersebut, karena sebuah opini yang terlintas di pemikiran kita adalah suatu bagian dari prinsip hidup dari perwakilan tingkah laku kita sehari-hari, dan jika DISALAHKAN atau TIDAK DITERIMA berarti sebuah bagian dari prinsip hidup kita tidak disetujui oleh pendapat yang melongsorkan sebuah pendapat kita tersebut! Dalam prinsipnya sebuah pendapat yang kita pegang dan memang merasa cocok dengan apa yang kita lakukan dengan aktivitas kita selama ini, wajib untuk kita teguhkan dengan sebuah contoh, pemisalan, dan bukti-bukti yang lengkap sebagai pendukung pendapat kita tersebut, karena dengan bukti dan contoh tersebutlah yang bisa membantu kekuatan dari sebuah pendapat yang kita pikirkan.

Namun jika pendapat kita yang sedang disalahkan dan memang pendapat mahasiswa atau orang lain tersebut memiliki kebenaran yang lebih lengkap, di sinilah kita mengalami keraguan untuk mengubah pendapat atau tidak? semua memang tergantung pedoman prinsip hidup masing-masing, namun memang perlu diingatkan, Sebuah PRINSIP PENDAPAT merupakan bagian dari KARAKTER kita masing-masing, maukah anda disebut dengan manusia tidak punya pendirian?? memalukan memang, sehingga mau tidak mau teruslah memperjuangkan sebuah pendapat yang memang telah kita anggap itu adalah pendapat terbaik, yang kita inginkan, dan nantinya yang paling terbaik untuk yang merasakannya..

Sebuah perjuangan untuk menetapkan pendapat kita yang terbaik bukan berarti dengan menghalalkan segala cara seperti kekerasan otot atau sebagainya, karena sebuah isi forum merupakan berisi manusia yang mempunyai pikiran cerdas, mau berpikir kritis, serta peduli terhadap permasalahan yang dihadapi.. dan disetujui atau tidaknya pendapat kita oleh masing-masing pendengar dalam forum tersebut, terserah dari hati dan jiwa mereka masing-masing tentunya.. karena sebuah perbedaan pendapat untuk menuju kebaikan bersama tidak harus memaksa, namun terciptanya suatu kerukunan dan penyelesaian terbaik di akhir pedebatan pendapat itu adalah tujuan dari terciptanya perbedaan pendapat dari masing-masing pihak. Cu next Time

0 comments:

Post a Comment