Percepatan dan Fasilitasi Pembangunan Wilayah Suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Surabaya yang terdapat di Pulau Jawa dan Bangkalan yang terdapat di Pulau Madura. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 m ,alhasil jembatan Suramadu merupakan disebut jembatan terpanjang di Indonesia saat ini (Sumber: Wikipedia, Jembatan Nasional Suramadu).  Perasaan bangga pasti dimiliki oleh setiap warga Suramadu.

Tujuan utama pemerintah Indonesia membangun jembatan ini yaitu untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, yang meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. Dengan kucuran dana sebesar itu tak heran proyek tersebut menghasilkan jembatan yang sangat indah nan elok , di mana jembatan ini menjadi icon kebanggaan yang dijunjung tinggi oleh warga serta pemerintah daerah setempat, apalagi memandang keelokan suasana jembatan Suramadu di malam hari.

jembatan suramadu di malam hari
Suasana Suramadu Di Malam Hari
Sumber Gambar: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/9/93/Suramadu_night2.jpg/800px-Suramadu_night2.jpg

Keelokan jembatan Suramadu memang layak diacungi jempol, mengingat perjalanan panjang jerih payah pemerintah pusat dan daerah yang bekerja sama untuk membangun jembatan terpanjang di Indonesia ini. Sekilas Fauzi Online mengupas sejarah singkat tentang jembatan Suramadu.


Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003. Tahapan proses yang panjang dilalui untuk membangun Jembatan terpanjang di Indonesia pada waktu lalu. Berbagai kendala dihadapi baik dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengingat krisis moneter menghadang negara Indonesia pada tahun 2004.  

dokumentasi suramaduDokumentasi Pembangunan Jembatan Suramadu
Sumber Gambar: http://bpws.go.id/index.php/dokumentasi/
 
Dengan niat mulia dan harapan Indonesia untuk meningkatkan pemerataan pendapatan di wilayah surabaya ke wilayah madura, akhirnya jembatan ini pun diselesaikan dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009.

Foto Jembatan Suramadu
Sumber Gambar: http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Nasional_Suramadu#Gambar-gambar

Dampak positif langsung dirasakan oleh warga madura maupun warga jawa, dengan dirampungkannya jembatan Suramadu ini. Warga pulau Jawa seperti Surabaya dan sekitarnya dapat mudah menuju madura. Beragam wisata dan budaya di Madura yang tadinya hanya dikenal sebatas pengetahuan umum, kini dapat warga kunjungi kapan pun dengan akses Jembatan Suramadu.


Berbagai wisata dan kebudayaan dapat turis lokal maupun mancanegara temui di pulau Madura. Akses jalan yang semakin membaik setelah adanya Jembatan antara Surabaya dengan Madura ini tentunya wisata tersebut seharusnya lebih banyak pengunjung yang datang baik dari masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Bagaimana penampakan wisata-wisata Madura tersebut?


Penampakan Wisata-Wisata Di Pulau Madura
Sumber Gambar: http://madura.bpws.go.id/index.php/pariwisata

Berikut penjelasan mengenai wisata dan kebudayaan yang ada di pulau Madura:

Bukit Ceger
Rute untuk menuju lokasi bukit ceger dari Surabaya, yaitu seberangi saja jembatan Suramadu. Keluar dari pintu tol, ambil arah ke Bangkalan. Dari kota Bangkalan, lurus 30 km ke utara ke arah Kecamatan Arosbaya. Sampai situ, mengarah ke timur ke Kecamatan Geger .
(Sumber: BPWS, Wisata Bukit Ceger)

Mercusuar Galau
Mercusuar ini dapat wisatawan temui melalui rute setelah keluar dari jembatan Suramadu, belok ke arah kiri menuju arah Bangkalan. Setelah melewati Masjid Agung Bangkalan, lurus menuju Pantai Sambilangan. Mercusuar akan tampak bangunan tinggi seperti menara.
(Sumber: BPWS, Wisata Mercusuar Galau)

Asta Tinggi
Asta Tinggi yang terletak dari arah barat daya kawasan kota Sumenep, sesuai dengan namanya yakni Asta yang berarti Makam dan Tinggi yang berarti terletak di tempat tertinggi.
(Sumber: BPWS, Wisata Asta Tinggi)

Makam Aer Mata Ebuh
Makam ini dijadikan situs bersejarah yang oleh warga sekitar dinamakan Makam Aer Mata Ratu Ibu, terletak di Dusun/Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan.
(Sumber: BPWS, Wisata Makam Aer Mata Ebuh)

Museum Keraton Sumenep
Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda cagar budaya peninggalan keluarga Karaton Sumenep dan beberapa peninggalan masa kerajaan hindu budha seperti arca Wisnu dan Lingga yang ditemukan di Kecamatan Dungkek.
(Sumber: BPWS, Wisata Museum Keraton Sumenep)

Candi Burung
Candi Burung terletak di Desa Candi Burung, Kecamatan Proppo, Pamekasan . lokasi candi berada di tengah sawah dan candi sudah dalam kondisi tidak utuh yakni berupa reruntuhan bebatuan. Diperkirakan candi ini dibangun pada sekitar abad ke-16 masehi, awal masuknya ajaran agama Islam ke Pamekasan
(Sumber: BPWS, Wisata Candi Burung)

Pantai Slopeng dan Lombang
Kedua pantai ini seperti pinang dibelah dua, karena sama-sama punya kecantikan yang mirip. Pantainya Landai dan berpasir putih.Jarak mereka sekitar 21 km dari pusat Kota Sumenep untuk Slopeng dan 25 km dari pusat kota untuk Lombang. Kira-kira bisa ditempuh perjalanan, selama 4 jam dari Surabaya tentunya dengan mengakses Jembatan Suramadu.
(Sumber: BPWS, Wisata Pantai Slopeng)

Tidak lengkap rasanya jalan-jalan ke tempat berbagai wisata jika belum menikmati icip makanan kuliner dari pulau Madura. Ada apa saja kuliner khas di Madura?


Penampakan beberapa nama makanan dan kuliner khas pulau Madura ini memang sangat menggoda selera. Wisatawan dapat memanjakan lidah dengan cita rasa khas bumbu Madura yang terkandung di dalam makanan.

Penampakan kuliner Madura

Penampakan kuliner madura memang tampak lezat dengan penamaan yang unik. Wisatawan yang akan menikmati kuliner Madura, tidak akan menyangka bahan apa saja dan makanan seperti apa dengan nama-nama unik seperti penampakan di atas. Berikut penjelasan kuliner Madura lengkapnya:

Nasi Serpang
Kuliner nasi ini yaitu nyaris tak ada sayur yang nongol di belantara lauk pauknya. Hal ini juga akan dijumpai hampir di setiap masakan dari Madura.
(Sumber: AlamBudaya, Nasi Serpang)

Kaldu Kikil
Kaldu kikil adalah semacam Gulai dari otot kaki sapi atau yang biasa dikenal kikil, dengan buah kaldu kikil yang kental dan gurih. Masakan ini dicampur dengan sedikit kacang hijau, dan semangkuk kaldu kikil ini disajikan beserta sepiring ubi yang dibuat semacam perkedel dan sepiring lontong.
(Sumber: AlamBudaya, Kaldu Kikil)

Kue Apem Madura
Makanan khas warga Madura bernama kue Apem Lopes bumbu gula merah jahe plus kayu manis. Selain rasanya nikmat, Kue apem lopes di percaya dapat menghilangkan lelah setelah seharian bekerja lantaran kandungan gula merah jahe plus kayu manis, berfungsi untuk menghangatkan badan.
(Sumber: AlamBudaya, Kue Apem Madura) 

Nasi Goreng Putri Koneng
Nasi goring potre koneng merupakan nasi goreng yang berasal dari Pulau Madura, kenapa dinamakan Nasi Goreng Potre Koneng. Konon nasi goreng ini adalah masakan favourite Putri Koneng, salah satu putri Raja di Madura.
(Sumber: AlamBudaya, Nasi Goreng Putri Koneng)  

Soto Sabrang
Soto ini sangat unik, karena asal muasal katanya sabrang adalah singkong. Soto Sabrang ini dicampur dengan singkong dan kacang hijau yang akan penikmat kuliner temui di dalam kuahnya.
 (Sumber: AlamBudaya, Soto Sabrang)  

Sate Lalat
Sate ini adalah sate ayam yang disajikan dalam potongan yang sangat kecil yang hampir menyerupai dan sebesar lalat, inilah dinamakan sate lalat.
 (Sumber: AlamBudaya, Sate Lalat)   

Setelah mengetahui adanya  wisata dan kuliner di Pulau Madura yang beraneka ragam, sudah seharusnya pemerintah daerah dan pusat kembali bekerja sama untuk membangun percepatan dan fasilitasi pembangunan wilayah Suramadu agar lebih berkembang. Hal ini menghindari informasi mengenai wisata kebudayaan Madura dan kelezatan kulinernya hanya dapat dinikmati dan diketahui oleh masyarakat lokal Surabaya dan Madura, namun belum diketahui oleh masyarakat Indonesia lain bahkan negara lain.

Semakin banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung di lokasi ini tentunya dapat menjadi pendukung kemajuan ekonomi masyarakat sekitar. Maka dari itu diperlukan ide-ide kreatif promosi bisnis pariwisata yang menuju lokasi wisata terutama beberapa fasilitasi jembatan Suramadu yang merupakan jembatan penghubung Surabaya dan Madura.


Diperlukan langkah kreatif untuk membangun pariwisata wilayah di Surabaya dan Madura ini agar lebih berkembang, antara lain :

Pintu Masuk Akses Menuju Suramadu
Loket masuk pada pintu tol jembatan Suramadu saat ini , dirasa masih kurang dari pengunjung yang ingin memasuki jembatan Suramadu. Hal ini sering menyebabkan antrian masuk yang terlalu panjang dan juga terjadinya kecelakaan, apalagi jika waktu mendekati liburan nasional.
Pintu Masuk Akses Menuju Suramadu

Langkah untuk memperbanyak pintu masuk akses menuju Suramadu, mungkin menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan dan kenyamanan para pengunjung untuk memasuki jembatan.

Taman Hijau Sebagai Rest Area Suramadu
Banyaknya pengendara motor yang sengaja berhenti di lajur motor tepat dibentang tengah Jembatan Suramadu sangatlah membahayakan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas pengendara motor lainnya.  Tidak sedikit jumlah catatan kecelakaan yang terjadi di Suramadu. Sedikitnya spot atau tempat untuk berisitirahat sekedar melepas lelah dan menikmati pemandangan akan keindahan jembatan Suramadu yang aman, menjadi alasan nekat beberapa pengendara motor berhenti.

Ilustrasi Taman Hijau Sebagai Rest Area Suramadu

Langkah untuk membuatkan taman hijau Suramadu yang membentang dipinggir jembatan akan menjadi solusi untuk memberikan ruang bagi para penikmat pemandangan. Sehingga pengunjung dapat dengan leluasa menikmati pemandangan dan tanaman hijau yang sehat.


Taman Wisata Bawah laut Suramadu
Indonesia terkenal dengan keindahan wisata bawah laut yang terkandung di dalamnya. Hal ini seharusnya dapat dimanfaatkan juga oleh pemerintah untuk membuatkan Taman Wisata Bawah Laut di Suramadu.


Ilustrasi Taman Wisata Bawah Laut Suramadu
Sumber Gambar: https://www.bersosial.com/threads/foto-mengintip-indahnya-pesona-bawah-laut-raja-ampat.5746/

Selain menjadi tempat wisata tambahan yang menjadi  daya tarik lebih wisatawan, langkah untuk membuat taman wisata bawah laut Suramadu juga dapat menjadi penelitian untuk tetap menjaga lingkungan kehidupan laut dan keadaan sekitar jembatan Suramadu terhadap kondisi dasar bangunan jembatan.
 
Wisata Perahu Suramadu
Meskipun sudah terdapat jalur akses darat yang lancar dengan adanya jembatan Suramadu, pemerintah tidak harus melupakan transportasi laut untuk menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Sudah selayaknya pembangunan di bidang transportasi laut tetap diperhatikan, mengingat jumlah dari pengendara yang melintasi jembatan Suramadu akan meningkat setiap tahunnya.


Ilustrasi Wisata Perahu Suramadu
Sumber Gambar: http://duniawisata.master.web.id/wordpress/?p=3302

Langkah untuk membuat wisata perahu akan menjadi daya tarik sendiri bagi para pelancong lokal maupun turis yang ingin santai menikmati perjalanan dari Pulau Jawa dan Madura ataupun sebaliknya. Selain dimanjakan dengan pemandangan laut, wisatawan yang menggunakan wisata perahu Suramadu juga dapat leluasa beristirahat hingga sampai tujuan.

Beberapa fasilitasi Suramadu di atas merupakan ide-ide kecil dari berbagai banyak ide yang terlintas di pemikiran Fauzi Online. Adapun harapannya semoga  perkembangan wisata di Surabaya dan Madura dapat terus meningkat, serta langkah kreatif untuk membangun pariwisata wilayah di Surabaya dan Madura dapat terisnpirasi dari salah satu ide Fauzi Online, sehingga wisatawan dapat ketagihan datang ke Suramadu.

0 comments:

Post a Comment