Jaringan Syaraf Tiruan

Kita mulai belajar mengenai Jaringan Syaraf Tiruan Otak Sebagai Jaringan Syaraf Biologis Otak (brain) manusia terdiri dari sekitar 10 milyar syaraf (neural) yang saling terhubung sehingga otak dapat dilihat sebagai jaringan syaraf. Kerja sistem syaraf manusia terdiri dari 3 tahap yang dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar 1 berikut:

Mekanisme 3 tahap otak
Mekanisme 3 tahap otak
  • Receptors mendapat aliran informasi dari lingkungan, seperti retina mata menangkap cahaya, dan menyampaikannya ke otak yang tidak lain adalah jaringan syaraf
  • Jaringan syaraf mengolah aliran informasi tersebut
  • Effectors membangkitkan suatu interaksi dengan lingkungan sesuai dengan output jaringan syaraf; contoh interaksi adalah mengaktifkan otot.
Aliran informasi/aktivasi dinyatakan dengan panah; feedforward () dan feedback ().

Jaringan Syaraf Tiruan
Jaringan syaraf tiruan (artificial neural network) adalah sebuah jaringan yang “memodel kan” otak manusia. Gambar 2 memperlihatkan otak manusia dan jaringan syaraf tiruan yang menjadi memodelkannya.
Otak dan jaringan syaraf tiruan
Otak dan jaringan syaraf tiruan
Prinsip kerja jaringan syaraf tiruan diperlihatkan pada Gambar 3. Simpul “Compare” diperlukan untuk membandingkan output jaringan dengan target. Jika masih terdapat perbedaan yang tidak bisa diabaikan maka dilakukan mekanisme feedback dengan terutama merubah parameter bobot (kekuatan koneksi antar syaraf) dan pengolahan oleh jaringan diulangi.

Prinspi Kerja Jaringan Syaraf Tiruan
Prinspi Kerja Jaringan Syaraf Tiruan
Jaringan syaraf tiruan mulai dari yang paling sederhana sampai cukup kompleks diperlihatkan pada Gambar 4.
Berbagai Bentuk Jaringan Syaraf Tiruan
Berbagai Bentuk Jaringan Syaraf Tiruan

0 comments:

Post a Comment