Aplikasi Shaf Finder: Solusi Mencari Shaf Solat Jumat

Shaf merupakan barisan kaum muslimin dalam sholat berjamaah, sehingga kesempurnaan sholat berjamaah dapat terlihat pada kerapihan dan kerapatan shaf. Terdapat hadist riwayat Muslim no 433 yang berbunyi “Luruskan shaf-shaf kalian, karena sesungguhnya meluruskan shaf termasuk kesempurnaan sholat”. Hadist tersebut mempunyai arti bagi muslim untuk melaksanakan sholat berjamaah harus merapihkan dan meluruskan shaf.

Shaf Finder: Scan Masjid
Shaf Finder: Scan Masjid
Kondisi masjid yang digunakan solat jum’at saat ini terkadang masih belum dapat menampung seluruh jamaah untuk solat ataupun mendengarkan khutbah di dalam masjid. Jamaah muslim yang tidak mendapatkan tempat dengan terpaksa menunggu khutbah jum’at selesai untuk mencari tempat atau shaf di dalam masjid, agar memperoleh tempat yang layak untuk menunaikan ibadah solat.

Dokumentasi solat Jum’at yang terilustrasikan pada Gambar 1 merupakan gambaran mengenai jamaah solat Jum’at yang terdapat pada MasjidNurul Ilmi Kampus E Gunadarma. Jamaah solat jum’at dengan terpaksa menunggu di tepi tempat sepatu dan sandal, hingga selesai khutbah untuk dapat mencari shaf yang masih tersedia.
Masalah Aplikasi Shaf Finder
Gambar 1. Masalah Aplikasi Shaf Finder
Gambar di bawah menjelaskan mengenai cara kerja sistem shaf finder yang terdiri dari 2 pengguna yaitu admin dan user. Admin akan menginput data masjid ke dalam sistem. User akan menggunakan shaf finder yang ditanam di dalam smartphone, sehingga shaf finder dapat mengidentifikasi masjid yang terdapat kamera pada masjid dan mengidentifikasi ketersediaan shaf yang telah diolah dari image processing pada sistem server. Informasi ketersediaan shaf dikirimkan secara realtime dari aplikasi shaf finder yang telah diinstal di dalam smartphone user.
Aplikasi Shaf Finder: Cara Kerja Sistem
Aplikasi Shaf Finder: Cara Kerja Sistem
Halaman Menu Utama Aplikasi Shaf Finder
Halaman pertama yang diakses oleh user adalah halaman utama. Tampilan pada halaman ini dapat dilihat pada Gambar berikut. Pada halaman ini user dapat memilih fitur pelacakan posisi masjid.

Aplikasi Shaf Finder: Halaman Menu Utama
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Menu Utama
Halaman Scan Masjid
 Masjid dapat discan secara langsung oleh user untuk mendapatkan profil dari masjid. Tampilan dari halaman scan masjid dapat terlihat pada Gambar berikut ini.

Aplikasi Shaf Finder: Halaman Lihat Informasi Masjid
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Lihat Informasi Masjid
Halaman Masjid yang Belum Teridentifikasi
Halaman ini akan tampil jika saat user menscan masjid namun masjid yang discan belum ada pada database sistem shaf finder. User tetap dapat mengetahui ketersediaan shaf dengan alternatif menggunakan fitur scan shaf
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Keterangan Masjid Belum Diidentifikasi
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Keterangan Masjid Belum Diidentifikasi
Halaman Rute Arah Masjid
Sistem akan menampilkan rute dari lokasi masjid yang telah ditampilkan profil sebelumnya. Tampilan halaman rute lokasi masjid dapat dilihat pada Gambar berikut:
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Rute Masjid
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Rute Masjid
Halaman Ketersediaan Shaf
Sistem akan menampilkan ketersediaan shaf seperti yang terlihat pada Gambar dengan menggunakan teknologi image processing. Warna merah akan menandakan shaf pada posisi tersebut kosong dan dapat ditempati oleh user. Halaman ini akan tampil jika user memilih pilihan lihat shaf pada Halaman scan masjid.
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Lihat Ketersediaan Shaf
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Lihat Ketersediaan Shaf
Halaman Lihat Scan Shaf
Fitur halaman scan shaf merupakan fitur yang menggunakan teknologi augmented reality, di mana user dapat mengetahui ketersediaan shaf secara langsung dengan cara menscan shaf yang tertangkap oleh kamera saat itu. Tampilan halaman scan shaf dapat dilihat pada Gambar
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Lihat Scan Shaf
Aplikasi Shaf Finder: Halaman Lihat Scan Shaf
Aplikasi Shaf Finder ini masih dalam tahap perancangan, Mohon ditunggu ya, semoga cepat segera publish dan segera tayang di https://play.google.com. Aaamiin.

0 comments:

Post a Comment