Review Rilisnya OpenSuse 13.1

Pagi yang cerah ini Fauzi Online akan mengulas mengenai Release OpenSuse 13.1. Tentunya setelah Fauzi Online akhirnya berhasil mengkoneksikan internet dengan modem smartfren dengan open suse . Open Suse 13.1 telah rilis! Kali ini open suse melakukan perbaikan infrastruktur  dan lebih fokus pada perbaikan bug. Selain itu terdapat lebih dari 6000 paket pendukung 5 arsitektur, dalam situs resmi https://news.opensuse.org mengutarakan kebanggaanbahwa open suse 13.1 telah mampu mewakili Software open source terbaik saat ini yang telah siap disajikan ke PC atau Laptop teman-teman!

Review Rilisnya OpenSuse 13.1
Review Rilisnya OpenSuse 13.1
Terdapat beberapa layanan desktop terbaru, teknologi server dan cloud, alat-alat pengembangan perangkat
lunak dan segala sesuatu di antaranya teknologi baru bagi teman-teman untuk dapat dinikmati.

Stabil
Banyak upaya dimasukkan dalam pengujian openSUSE 13.1, dengan perbaikan otomatis openQA Testing tool, serta a global bug fixing hackathon dan masih banyak lagi. System file btrfs juga telah menerima penanganan serius pada perbaikan kali ini. Terobosan ini akan dianggap stabil untuk penggunaan sehari-hari. Rilis ini telah dipilih untuk pemeliharaan Evergreen memperpanjang siklus hidupnya sampai 3 tahun.

Jaringan
Rilis Open Suse 13.1  memperkenalkan OpenStack Havana terbaru dengan hampir 400 fitur baru. Admin server web akan dilengkapi dengan Apache terbaru, MySQL dan MariaDB dengan update terbaru. Bagi teman-teman yang merupakan pengembang web akan dimanjakan dengan manfaat dari Ruby on Rails 2.0 4 dengan perbaikan dari kelas inti untuk caching yang lebih baik dalam Rails framework. Bagi penikmat bahasa pemrograman PHP telah tersedia php 5.4.2 yang hadir dengan built-in server testing. Pengguna juga dapat me-mount Amazon s3 bucket sebagai lokal file system dengan menggunakan Samba 4.1 dengan dukungan  windows domains support.
Evolved
OpenSUSE  13.1 bergerak maju dengan AArch64, yang akan membuat openSUSE siap untuk pembangunan pada  generasi mendatang perangkat ARM 64bit. Dukungan ARM 32bit telah banyak ditingkatkan dan khusus  Raspberry Pi. Pada Rilis ini juga memberikan GCC 4.8 dengan kemampuan pelaporan kesalahan terbaru, glibc  terbaru mendukung AArch64, C11 dan Intel TSX Lock, SDL2 baru dan Qt 5.1, serta membawa QML dan C + +11  bagi fitur untuk pengembang.

Kustomisasi
openSUSE 13.1 datang dengan jauh lebih baik font yang mengisyaratkan mesin font baru di freetype 2.5. YaST telah porting ke Ruby, membuka kontribusi sampai jumlah besar pengembang yang terampil. Dalam rilis ini, ActiveDoc menggantikan doc.opensuse.org dan mayoritas dokumen dikemas dalam openSUSE, menurunkan  penghalang untuk kontribusi.

Cepat
Rilis terbaru dipercepat video dengan dukungan VDPAU di MESA dan versi yang dioptimalkan untuk sistem 32-bit glibc. Linux 3.11 termasuk bekerja pada Halaman merebut kembali ', mempertahankan kinerja selama operasi disk.

Fitur-penuh
Pengguna desktop akan menghargai perangkat integrasi Android di file manager KDE, di shell dan pemutar  musik Amarok. Seniman harus mencoba perbaikan Krita terbaru dengan lukisan bertekstur, masker abu-abu &  pilihan dan banyak lagi. GNOME Shell memperkenalkan desain ulang status bar sistem dan Bar header dalam banyak aplikasi, membuat lebih baik menggunakan ruang layar. Pencerahan kini juga memiliki tema openSUSE.

Inovatif
Pada rilis ini dilengkapi dengan sejumlah teknologi eksperimental. Fitur ini termasuk dukungan Wayland awal  dengan Weston compositor di GNOME Shell dan KDE Plasma Desktop serta meningkatkan dukungan untuk Ultra  resolusi tinggi dalam aplikasi dan kerang. Fitur terbaru juga dapat dinikmati seperti LightDM KDE penyambut  dan applet NetworkManagement plasma untuk pengujian.

Sekian postingan dari Fauzi Online mengenai postingan release Open Suse 13.1. Bagi yang penasaran silahkan download di link berikut : http://software.opensuse.org/131.

Semoga bermanfaat. See y..

0 comments:

Post a Comment