Fauzi Online {Akhmad Fauzi}

Pengetahuan Ilmu Softskill, Mata Kuliah Sistem Informasi, Belajar Bahasa Pemrograman

 

Kelebihan Kekurangan Software Open Source

Setelah Belajar CSS dan tidak lupa mengecek SEO artikel  Cari Uang Lewat ekiosku.com, selanjutnya teman-teman akan Fauzi Online ajak untuk membahas Kelebihan Kekurangan Software Open Source ini merupakan mata kuliah sistem informasi di tingkat akhir ini. Adapun salah satu postingan yang terkait Linux OpenSUSE.
Kelebihan Kekurangan Open Source
Kelebihan Kekurangan Open Source
Sumber Gambar (http://google.co.id)
Pengertian Open Source
Open Source adalah sebuah sistem baru dalam mendistribusikan perangkat lunak kepada pengguna dengan memberikan program dan source code nya secara gratis. Bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Dari uraian di atas, kita tidak hanya bisa menggunakan open source secara bebas tetapi kita juga bisa mengembangkan open source tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita, tentunya kebebasan itu tetap bertumpu pada etika dan peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Perkembangan Open Source
Open source mempunyai sifat bebas digunakan, bebas dipelajari, bebas dimodifikasi dan bebas disebarluaskan. Awal mula dari open source karena adanya belenngu industri software pada tahun 1971 yang menutup semua source code yang sudah terkompilasi dalam bentuk biner dan pelarangan modifikasi (eksklusif). Dimulai dari tahun 1983 lahirlah sebuah proyek GNU oleh Richard M Stallman yang kemudian pada tahun 1991 lahir GNU/Linux oleh Linus Trovalds, dari sinilah muncul gerakan free/open source sampai sekarang.

Hitam Putih Sebuah Open Source
Namun, terdapat isu-isu keamanan yang dihadapi sistem open source, mencakup beberapa filosofi keamanan umum dan bagaimana membuat lebih aman sistem tersebut dari para penyusup. Beberapa pengguna komputer yang merupakan anggota dari komunitas pengguna Open Source Software (OSS) dan free software berpendapat bahwa kode program mereka lebih aman karena kelemahan kode program mereka lebih mudah ditemukan dan diperbaiki oleh pemakai program tersebut. Sementara itu, komunitas hak-hak kepemilikan berpendapat bahwa pembukaan akses ke kode program pada OSS akan memudahkan bagi beberapa kelompok tertentu untuk menyerang program tersebut.

Kelebihan Open Source
Ada banyak manfaat positif yang bisa kita peroleh dengan menggunakan Open Source, diantaranya :
  1. Kreativitas
    Dengan Open Source kita bisa mempelajari cara kerja suatu perangkat lunak, memodifikasinya, bahkan membuat produk baru dari sumber yang ada.
  2. Kemandirian
    Kita tidak perlu lagi tergantung pada suatu produk tertentu, bahkan dengan Open Source kita bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan berskala raksasa seperti Microsoft.
  3. Penghematan
    Berapa banyak waktu yang kita sia-siakan untuk berurusan dengan virus komputer di sistem closed source. Dengan menggunakan sistem operasi Open Source seperti 3D OS kita tidak perlu membuang waktu lagi berurusan dengan virus komputer.
  4. Hemat Biaya
    Berapa banyak biaya yang perlu kita keluarkan untuk pembelian suatu produk proprietary seperti Windows, Photoshop, MS Office dan lain-lainnya.
  5. Hemat Devisa
    Berapa banyak devisa negara yang harus lari keluar negeri jika kita terus menggunakan produk proprietary.
  6. Legalitas
    Open Source memungkinkan kita untuk tidak lagi menggunakan milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu lagi menjadi pencuri.
  7. Meningkatkan Citra Negara
    Tahukah Anda bahwa pembajakan menjadikan citra negara menurun ? Dan ini secara tidak langsung membawa akibat buruk pada hubungan dagang dengan luar negeri.
Kekurangan Open Source
Disamping banyak keuntungan diatas, open source juga memiliki beberapa kerugian, yaitu :
  1. Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source
    Ketersediaan source code yang diberikan dapat menjadi sia-sia, jika SDM yang ada tidak dapat menggunakannya.
  2. Tidak adanya proteksi terhadap HaKI
    Kebanyakan orang masih menganggap bahwa open source merupakan aset yang harus dijaga kerahasiannya.
  3. Tidak ada garansi dari pengembangan
    Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya. Untuk beberapa platform.
  4. Kesulitan dalam mengetahui status project.
  5. Tidak ada garansi dari pengembangan. 
  6. Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya. 
  7. Dapat menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan yang lain, apabila kebetulan menggunakan beberapa Open Source yang sama.
Kesimpulannya, tidak ada salah nya teman-teman ikut belajar Open Source dan menggunakannya dalam kesehariannya. Semoga Bermanfaat.

Referensi:

  • Wiwin Surwaningsih, Nuryani , “ Dampak Knowledge Perkembangan Open Source dan Free Software”, 2006, Pusat Penelitian Informatika,LIPI Bandung Eka Rezeki Amalia, “Komponen Cara Kerja Open Source Slackware”, 2007, Universitas Muhammadiyah Malang.
  • http://cyberkomputer.com/komputer/pengenalan-dan-manfaat-menggunakan-open-source/ . Diakses 21 April 2013
Baca juga jika ingin kaya dengan mudah dan praktis yaitu Cari Uang Lewat ekiosku.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mata Kuliah Sistem Informasi dengan judul Kelebihan Kekurangan Software Open Source. Jika kamu suka, like dan bagikan keteman-temanmu. Terima kasih! by : Fauzi Online {Akhmad Fauzi}
Ditulis oleh: Fauzi Online -

Belum ada komentar untuk "Kelebihan Kekurangan Software Open Source"

Poskan Komentar