Middleware Merupakan Software

Middleware Merupakan Software

Middleware merupakan software yang menghubungkan bagian-bagian berbeda pada sebuah aplikasi atau rangkaian aplikasi. Middleware dapat diumpamakan menjadi beberapa bentuk, pertama middleware sebagai semacam lem yang menyatukan sebuah jaringan dan komputer-komputer yang terhubung di dalamnya.

Sebuah Aplikasi Tunggal
Middleware dapat berupa sebuah aplikasi tunggal, atau dapat berupa keseluruhan server guna mendukung operasional aplikasi dalam lingkungan jaringan terdistribusi, termasuk web servers, application servers, content management systems, dan perkakas sejenis yang menopang pengembangan. Kedua middleware sebagai sebuah perangkat adapter (adapter device) yang dapat dijalankan dari sebuah printer baru ke sebuah komputer lama alias jadul. Adapter, atau middleware, menghubungkan dua perangkat, memungkinkan komunikasi di antaranya dan juga fungsionalitasnya.

Termasuk Software Lapisan Konversi
Selain itu middleware merupakan sebuah software / perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menerjemahkan dan lapisan konversi. Middleware juga dapat digunakan sebagai consolidator dan integrator sehingga dapat menghubungkan dua program atau aplikasi yang sudah ada.

Screen Shoot
 
Skema Middleware Sebagai Software
Tampilan Skema Middleware Sebagai Software

Diantara Lapisan Aplikasi

Jadi bisa disimpulkan Middleware adalah sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP. Middleware bisa juga disebut protokol. Protokol komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi. Biasanya program middleware menyediakan layanan pesan (messaging services) sehingga aplikasi-aplikasi yang berbeda-beda itu dapat berkomunikasi.

Tujuan Layanan Middleware
Tujuan utama dari layanan middleware adalah untuk membantu memecahkan interkoneksi beberapa aplikasi dan masalah interoperabilitas. Sistem middleware mengikat aplikasi-aplikasi yang terpisah. Bukti lain jikalau middleware merupakan Software adalah terdapatnya layanan-layanan pada middleware, khususnya layanan aplikasi (application). Berikut adalah layanan-layanan tersebut :
  1. Layanan Sistem Terdistribusi Komunikasi kritis, program-to-program, dan layanan manajemen data. RPC, MOM (Message Oriented Middleware) dan ORB.
  2. Layanan Application Akses ke layanan terdistribusi dan jaringan. Yang termasuk layanan application adalah TP (transaction processing) monitor dan layanan database, seperti Structured Query Language (SQL).
  3. Layanan Manajemen Middleware Memungkinkan aplikasi dan fungsi dimonitor secara terus menerus untuk meyakinkan unjuk kerja yang optimal pada lingkungan terdistribusi. Misalnya :
    • Database Middleware Database middleware menyediakan antarmuka antara sebuah query dengan beberapa database yang terdistribusi. Menggunakan, baik arsitektur hub and spoke atau arsitektur terdistribusi, memungkinkan data untuk digabungkan dari beberapa sumber data yang berbeda atau terpisah. Database middleware yang paling umum digunakan adalah ODBC (Open DataBase Connectivity) yang diimplementasikan pada Microsoft Visual Basic.
    • Messaging Middleware Messaging middleware merupakan sebuah antarmuka dan transportasi antar aplikasi. Sama seperti sistem messaging email, kecuali messaging middlewaredigunakan untuk mengirim data antar aplikasi. 
Sekian Review mengenai middleware yang terungkap dan dijelaskan secara lengkap oleh Fauzi Online jika Middleware merupakan software.

Referensi:
http://dee-x-cisadane.webs.com/apps/blog/show/23121227-middleware-merupakan-software, Diakses Tanggal 13 Maret 2013,

Rancangan Penelitian Adalah Postingan Fauzi Online yang Paling Direkomendasikan untuk Dibaca. Silahkan... 

2 comments:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  2. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete