Aplikasi Manajemen File Kegiatan

Aplikasi Manajemen File Kegiatan

Aplikasi yang Fauzi Online buat menggunakan Bahasa Pemrograman PHP ini adalah salah satu project Sistem Informasi yang diperuntukan PI atau Penulisan Ilmiah di Universitas Gunadarma demi memenuhi 2 SKS mata kuliah Penulisan Ilmiah saat semester 6 (enam) dulu. Terdapat beberapa permasalahan yang menjadikan landasan dibuatnya aplikasi manajemen file kegiatan ini.

Sempat Fauzi Online posting juga mengenai cerita sidang penulisan ilmiah Gunadarma dan juga tips saat sidang penulisan ilmiah Gunadarma. Jika teman-teman bertanya-tanya Fauzi Online membuat apa sih PI nya? Maka melalui postingan ini Fauzi Online akan berbagi secara lengkap.

Abstraksi Pembuatan Aplikasi Manajemen File Kegiatan
Pembuatan aplikasi manajemen file berbasis web ini didasari karena teknologi email saat ini umumnya belum ada yang menyediakan fitur untuk mengelola beberapa file yang mempunyai kategori tertentu dan menyesuaikan di dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman jQuery, PHP dan database MySQL.

Pengguna aplikasi manajemen file kegiatan berbasis web yang terdiri dari staf pelaksana kegiatan dan Biro Administrasi Umum (BAU) dapat mengirim dan mengelola file kegiatan yang diperlukan untuk mendukung lima status dalam pelaksanaan suatu kegiatan, sehingga dengan aplikasi ini file-file kegiatan yang ada dapat lebih mudah diakses dan monitoring kegiatan dapat berjalan dengan mudah.

Gambaran Umum Aplikasi Manajemen File Kegiatan
Pembuatan aplikasi manajemen file kegiatan dengan berbasis web ini dibagi menjadi 2 kategori pengguna utama, yaitu:
  1. Staf Pelaksana Kegiatan
    Merupakan pengguna yang akan melaksanakan kegiatan baik sebagai penanggung jawab kegiatan ataupun panitia kegiatan. Staf pelaksana kegiatan akan mempunyai level staf dalam menggunakan aplikasi ini. Staf pelaksana kegiatan dapat mengirim dan mengelola file proposal kegiatan, file pelaksanaan kegiatan, file pertanggungjawaban kegiatan kepada para pihak-pihak yang berwenang dalam suatu kegiatan termasuk staf Biro Administrasi Umum. Staf dapat menggunakan fitur halaman kegiatan yang ada pada aplikasi untuk melakukan tugas-tugas di atas.
  2. Biro Administrasi Umum (BAU)
    Merupakan pengguna yang akan memperoleh level BAU. Fitur halaman kegiatan yang ada pada aplikasi juga dapat diakses oleh BAU untuk dapat mengunduh file proposal kegiatan yang telah dikirimkan dari staf pelaksana kegiatan, mengirimkan file surat tugas kepada pihak staf penangung jawab dan para panitia kegiatan sebagai tanda persetujuan jalannya kegiatan tersebut dari pihak BAU, selain itu setelah file pertanggungjawaban kegiatan diterima oleh BAU maka pihak staf BAU juga akan mengirimkan file tutup administrasi sebagai tanda bahwa kegiatan yang sedang berlangsung telah selesai. 
Screen Shoot Aplikasi Manajemen File Kegiatan

Halaman Beranda Aplikasi Manajemen File Kegiatan untuk Penulisan Ilmiah
Tampilan Halaman Beranda Aplikasi Manajemen File Kegiatan
Kesimpulan Pembuatan Aplikasi Manajemen File KegiatanBerdasarkan hasil dan pembahasan aplikasi manajemen file yang telah dijelaskan sebelumnya, dihasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
  1. Aplikasi manajemen file yang dibuat telah diupload pada web hosting dengan alamat:
    www.manfile.netau.net
  2. Proses pengiriman, pengelolahan file-file menjadi lebih mudah.
  3. File-file yang ada dapat lebih mudah diakses.
  4. Monitoring kegiatan berdasarkan jalannya status kegiatan menjadi lebih mudah. 
Saran Penulisan Ilmiah Pembuatan Aplikasi Manajemen File Kegiatan
Berjalannya teknologi dan bermacam-macamnya jenis kegiatan, maka terdapat saran mengenai aplikasi untuk dikembangkan menjadi suatu sistem yang kompleks dan lebih dinamis, sehingga tanpa dibatasi dengan adanya jumlah status kegiatan, nama-nama status kegiatan ataupun nama dari jenis file-file kegiatan yang ada.

Sekian Review dan ulasan lengkap dan singkat dari penulisa ilmiah Fauzi Online. Bagaimana dengan Penulisan Ilmiah teman-teman? Mari share di sini. Semoga Bermanfaat.

Referensi:
  1. Lukmanul Hakim. 2011. Trik Dahsyat Menguasai Ajax Dengan jQuery. Yogyakarta: Lokomedia.
  2. Setiyo Cahyono. 2006. Panduan Praktis Pemrograman Database Menggunakan MySQL dan Java. Bandung: Informatika. 
Rancangan Penelitian Adalah Postingan Fauzi Online yang Paling Direkomendasikan untuk Dibaca. Silahkan...  

3 comments: