11 Trik Mudah Mempercepat Waktu Akses Website

11 Trik Mudah Mempercepat Waktu Akses Website

Waktu akses atau loading website yang lama tentunya akan menyebabkan pengunjung website kita menjadi gerah dan tidak sabar menunggu untuk menikmati isi dari halaman website. Padahal yang terpenting dari suatu website adalah isi atau content yang ada di dalamnya, sedangkan desain atau tampilan yang bagus hanyalah sebuah estetika pendukung kenyamanan pengunjung website.

Alasan Mengapa Website Harus Mempercepat Waktu Aksesnya
Website yang memiliki waktu akses yang relatif singkat dan cepat akan meningkatkan performa spider dan crawler untuk menjelajah di blog atau website kita. Selain itu maksimalisasi pengunjung juga dapat meningkat. 
11 Trik Mudah Mempercepat Waktu Akses Website
11 Trik Mudah Mempercepat Waktu Akses Website
Berikut ini Fauzi Online akan menjelaskan mengenai 11 Trik Mudah Mempercepat Waktu Akses Website, diantaranya: 
  1. Mengurangi jumlah HTTP Requests.
    Setiap file yang diminta ke server itu merupakan sebuah request .Artinya jumlah file yang di request ke webserver harus di kurangi. Selain mengurangi jumlah file kita juga bisa melakukan cache pada file sehingga secara tidak langsung kita dapat mengurangi HTTP rquest, karena file langsung didapat dari cache browser. Jika anda menggunakan apache maka dapat menggunakan module mod_expire untuk mencache file-file seperti image, swf atau contents website. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan mod_expire.LoadModule expires_module modules/mod_expires.so.

    Setelah diaktifkan maka kita tinggal membuat sebuah file .htaccess untuk mencache image, swf dan javascripts selama 1 bulan menggunakan mod_expire.

    ExpiresActive On
    ExpiresByType image/gif A2592000
    ExpiresByType image/png A2592000
    ExpiresByType image/jpg A2592000
    ExpiresByType image/jpeg A2592000
    ExpiresByType application/x-javascript A2592000
    ExpiresByType application/x-Shockwave-Flash A2592000
  2. Menambahkan Expires Header Expiry Tags
    Seorang developer harus menambahkan Expires Header Expiry tags untuk membantu browser agar mengenali content mana yang akan di chace dan tidak. Seorang developer web biasanya menambahkan expires header di HTTP headers.
  3. Gunakan CDN Content Delivery Network
    CDN adalah jaringan yang digunakan untuk menyimpan kode-kode CSS, Javascript, gambar tema, dan lain-lain di suatu tempat sehingga akan mengurangi waktu loading dari server. Jelas ini akan mempercepat akses situs Anda karena koneksi ke server menjadi berkurang. Salah satu layanan CDN yang paling populer adalah MaxCDN.
  4. Kurangi Widget di Sidebar
    Lihat sidebar situs Anda, apakah semua widget yang terpasang di sana memang benar-benar diperlukan. Kini saatnya merapikan widget-widget tersebut. Cek widget apa saja yang membutuhkan waktu loading agak lama, lalu ganti widget tersebut dengan yang lebih cepat atau kalau perlu, hapus saja. Selain mempercepat akses situs Anda, tips ini juga mampu membuat tampilan situs Anda lebih rapi. 
  5. Kurangi Plugin Social-Sharing
    Di lain pihak, plugin social-sharing seperti Facebook Like, Tweet This, +1 Google, dan lain-lain merupakan hal yang wajib dimiliki situs Anda sebagai referensi Lihatlah dan klik salah satu tombol social sharing di bawah postingan Fauzi Online di bawah ini. Selain itu ada banyak pilihan plugin social-sharing tersedia yang bisa digunakan untuk situs Anda. Pilihlah yang memiliki waktu loading paling cepat, misalnya AddThis. Selain itu, pilihlah plugin social-sharing cukup ke situs-situs jejaring sosial yang populer saja. Terlalu banyak tombol social-sharing tentu akan menambah waktu loading situs Anda. 
  6. Ganti Plugin "Related Posts"
    Faktor salh satu penyebab lamanya waktu loading situs adalah plugin "Related Posts" yang tidak efisien. Saatnya mengganti plugin tersebut dengan yang lebih cepat, misalnya dengan plugin YARPP Related Posts untuk platform Wordpress. 
  7. Jangan Terlalu Banyak Gambar dan Video
    Kurangi jumlah gambar yang ditampilkan di situs Anda, atau jika tidak bisa, coba kurangi size-nya dengan mengubahnya ke format yang lebih web-friendly seperti GIF atau PNG. Video, walaupun bisa menambah interaktivitas konten situs Anda, termasuk jenis media yang waktu loadingnya paling lama. Sebisa mungkin kurangi jumlah video yang ditampilkan dalam situs Anda atau jika tidak bisa, ada baiknya mengumpulkan video tersebut pada satu posting atau halaman khusus.
  8. Selalu Aktifkan Kompresi
    Browser-browser masa kini mampu menerima versi web yang terkompresi sehingga waktu loading situs menjadi lebih sedikit. Kompresi kode Javascript pada situs juga dianjurkan. Salah satu layanan penyedia kompresi ini adalah QuickCache
  9. Mengurangi DNS Lookup
    DNS Lookup harus dikurangi karena semakin kecilnya DNS looup hal tersebut dapat mempengaruhi mempercepat akses. Cara untuk mengurangi DNS lookup yaitu pergunakanlah nama domain yang sama untuk semua reource yang ada di web kita.
  10. Avoid Redirect
    Web developer
    harus menghindari  penggunaan redirect karena akan terjadi request bolak-balik antara client dengan server.
  11. Manify Javascript dan CSS
    File javascript dan CSS harus diperkecil seminim mungkin karena dengan membuang semua karakter yang tidak berguna pada code sehingga ukurannya menjadi kecil merupakan ide yang bagus untuk semakin mempercepat waktu akses website.
Sekian 11 trik mudah mempercepat waktu akses website teman-teman. Semoga Bermanfaat. Jika bingung atau ada masalah dalam menjalankan trik di atas jangn malu atau segan yah untuk bertanya di kota komentar di bawah ini. Cantumkan nama dan URL blog teman-teman biar Fauzi Online juga dapat berkunjung di blog teman-teman. See you
Ayo Humor JOKES.WEB.ID Adalah Postingan Fauzi Online yang Paling Direkomendasikan dan Dianjurkan untuk Dibaca. Silahkan Baca...

6 comments:

  1. Ulasan yang sangat menarik. Dari semua yang tercantum diatas, hanya poin ke dua yaitu Menambahkan Expires Header Expiry Tags.
    Maksudnya seperti gimana ya?

    Salam Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Kak Ton,
      yang dimaksud dengan Expires Header Expires tags adalah menambahkan instruksi atas berapa lama file statis itu layaknya di-cache.

      Jadii di dalam web / blog pastinya terdapat file-file statis seperti image, css dan javascript yang relatif tidak berubah,

      Naah disitu kita dapat menginstruksikan pada server & browser untuk tidak mendownload ulang file yang sama dengan menambahkan future expire caching.

      Dikarenakan sifatnya yang statis maka semakin lama future expire-nya adalah semakin baik.

      Semoga Membantu.

      Delete
  2. thanks informasinya bos sangat bermanfaat. coba dl nih bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kak walidin..
      Jangan ragu ragu mampir lagi yah.. segala pertanyaan jika mumpuni saya akan bantu.. insya ALLAH

      Makasiih kk

      Delete
  3. Sobat, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya. Tapi karena banyak istilah yang baru kali ini saya ketahui, sehingga mesti bolak-balik saya membacanya agar benar-benar dapat memahaminya. Oh ya, salam kenal dan salam berbagi. :)

    ReplyDelete
  4. terimakasih, sangat membantu saya dalam belajar membangun website

    ReplyDelete