Sistem Forum Online Interaksi Mahasiswa

Sistem Forum Online Interaksi Mahasiswa

Sistem ini Fauzi Online Buat untuk mengikuti lomba USB tahun 2012 , beberapa waktu memang harus diluangkan dengan ikhlas untuk mengikuti lomba yang diadakan Laboratorium Sistem Informasi Gunadarma. Namun kepercayaan dan motivasi untuk mendapatkan pengalaman menjadi landasan niat utama saat akan mengikuti lomba tersebut.

Latar Belakang Masalah

  1. Forum Interaksi Mahasiswa Gunadarma ini dibuat karena adanya beberapa permasalahan yang sering timbul. Permasalahan yang dimaksud antara lain: 
  2. Pencarian informasi mengenai kampus yang masih bersifat global karena belum adanya pengkategorian informasi tiap jurusan.
  3. Kurangnya pertemanan dan interaksi antara mahasiswa jurusan yang satu dengan mahasiswa jurusan lain dalam ruang lingkup Universitas Gunadarma.
  4. Belum adanya media sosial yang mengintegrasikan beberapa group terdiri dari group jurusan menjadi kesatuan group utama yakni group kampus. 
Berdasarkan permasalahan tersebut, Fauzi Online membuat suatu perancangan sistem forum online interaksi antar mahasiswa Universitas Gunadarma. Perancangan sistem ini diharapkan dapat membantu tahapan dalam pembuatan sistem forum Universitas Gunadarma, sehingga antar mahasiswa dapat terjalin suatu komunikasi dan berbagi informasi mengenai akademik tanpa batas secara mudah dan efektif.   

Forum Interaksi Mahasiswa Gunadarma dibuat karena adanya beberapa permasalahan yang sering timbul. Permasalahan yang dimaksud antara lain: 
  1. Pencarian informasi mengenai kampus yang masih bersifat global karena belum adanya pengkategorian informasi tiap jurusan.
  2. Kurangnya pertemanan dan interaksi antara mahasiswa jurusan yang satu dengan mahasiswa jurusan lain dalam ruang lingkup Universitas Gunadarma.
  3. Belum adanya media sosial yang mengintegrasikan beberapa group terdiri dari group jurusan menjadi kesatuan group utama yakni group kampus. 
Screen Shoot Tampilan Sistem Forum Online :

Sistem Forum Online Interaksi Mahasiswa
Tampilan Sistem Forum Online Interaksi Mahasiswa
Forum online merupakan forum komunitas yang diakses secara online. Kekuatan utama dari forum online adalah keanggotaannya, tidak bisa di pungkiri dengan memiliki member yang banyak dan membernya selalu berkontribusi maka forum online tersebut akan sukses. Forum online ini digunakan oleh seluruh civitas akademik Gunadarma.

Adapun fitur-fitur yang ada untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya dalam sistem ini, antara lain: 
  1. Daftar Anggota
    Pada fitur ini pengguna yang belum memiliki akun dapat mendaftarkan data dirinya, sehingga memiliki username dan password.
  2. Login
    Merupakan fitur yang digunakan pengguna untuk masuk ke dalam sistem.
  3. Pencarian Informasi
    Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna dapat mencari suatu topik ataupun informasi yang dibutuhkan.
  4. Pembuatan Topik
    Pada fitur ini pengguna dapat membuat suatu topik untuk berbagi maupun bertanya sesuai dengan kategori yang pengguna inginkan.
  5. Pemberian Tanggapan
    Fitur ini memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk memberi suatu tanggapan berdasarkan topik yang telah ada sebelumnya.
  6. Fasilitas Pertemanan
    Pengguna dapat saling menjalin hubungan pertemanan, sehingga mempererat hubungan silaturahmi antar mahasiswa dan menyerap ilmu yang dimilikinya, baik mahasiswa yang mempunyai jurusan yang sama maupun jurusan yang berbeda.
  7. Daftar Topik
    Teman Fitur ini memudahkan navigasi pengguna nya untuk mengetahui secara efektif mengenai timeline topik yang dibuat oleh mahasiswa yang telah menjadi temannya.
  8. Fasilitas pemberitahuan
    Fitur pemberitahuan dapat memberi informasi secara real time jika suatu topik penggunanya telah ada yang menanggapi.
  9. Berita pertemanan
    Informasi mengenai seluruh daftar teman ditampilkan secara interaktif dan informasi mengenai konfirmasi permintaan ingin menjadi teman maupun penerimaan pertemanan dapat diketahui dalam fitur ini.
  10. Pengiriman Pesan
    Pada fitur ini memungkinkan antar pengguna forum untuk saling berkomunikasi secara pribadi dengan mengirimkan pesan. 
  11. Bantuan Merupakan
    Fitur yang berisi penjelasan mengenai forum, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem. 
Alamat Situs Forum Online: http://forugkam.pusku.com/home

Akhirnya setelah melalui beberapa tahapan dari penyeleksian tahap 1, dan memasukin babak final dan presentasi di Gedung D46 di depan teman-teman Gunadarma serta dewan juri. Alhamdulilah Fauzi Online menjadi Juara 2 Lomba USB kategori ANSI 2013 Universitas Gunadarma.


Juara 2 Lomba USB Kategori ANSI Universitas Gunadarma
Sahabat Kiri (Yudha) Sahabat Kanan (Heru) Tengah (Fauzi Online)
Terimakasih doa dan dukungan dari Yudha Heru, teman-teman 4KA01, BBSDM dan tidak lupa Bapak Ibu dosen yang senantiasa legowo memaklumi Fauzi Online untuk bolos di kelasnya. Hehe.. Semoga Fauzi Online dapat mengembangkan suatu sistem yang lebih baik dari Sistem Forum Online Interaksi Mahasiswa yang telah ada. AMIIN.
Ada Humor JOKES.WEB.ID Adalah Postingan Fauzi Online yang Paling Direkomendasikan untuk Dibaca. Silahkan Baca...

0 comments:

Post a Comment