Perbedaan Pengetahuan Tacit dan Pengetahuan Explisit

Pengetahuan Tacit VS Pengetahuan Eksplisit

Pengetahuan Tacit VS Pengetahuan Eksplisit
Pengetahuan Tacit VS Pengetahuan Eksplisit

Fauzi Online akan memaparkan mengenai perbedaan antara pengetahuan tacit dan pengetahuan eksplisit. Berikut penjelasannya:

Pengetahuan Tacit merupakan bentuk pengetahuan yang masih tersimpan dalam pikiran manusia. Menurut Polanyi, selalu ada pengetahuan yang akan tetap tacit, sehingga proses menjadi tahu (knowing) sama pentingnya dengan pengetahuan itu sendiri.

Menurut Simon,
Semua pembelajaran terjadi di dalam kepala manusia, sebuah organisasi belajar melalui dua cara saja :
  1. Dengan kegiatan belajar anggota – anggotanya
  2. Dengan menyerap anggota baru yang memiliki pengetahuan yang tidak dimiliki organisasi itu. 
Menurut Moran dan Goshal, pengetahuan diciptakan melalui dua cara, yaitu :
  1. Penggabungan (kombinasi)
  2. Pertukaran. Dalam situasi di mana pengetahuan dimiliki oleh pihak – pihak yang berbeda, maka pertukaran merupakan prasyarat bagi penggabungan pengetahuan. Contoh pengetahuan tacit: gagasan, persepsi, cara berpikir, wawasan, keahlian/kemahiran.
Pengetahuan Eksplisit merupakan bentuk pengetahuan yang dapat diungkapkan dengan kata-kata dan angka, disebarkan dalam bentuk data, rumus, spesifikasi, dan manual. Pengetahuan tacit sifatnya sangat personal, sulit diformulasikan sehingga sulit dikomunikasikan dan disebarkan kepada orang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengetahuan eksplisit merupakan bentuk pengetahuan yang sudah terdokumentasi/ terformalisasi, mudah disimpan, diperbanyak, disebarluaskan dan dipelajari.
Contoh pengetahuan eksplisit: manual, buku, laporan, dokumen, surat, file-file elektronik, dsb.

Kesimpulannya perbedaan antara 2 pengetahuan di atas adalah pengetahuan tacit bersifat subjektif, kognitif, dan mengutamakan pengalaman. Sedangkan pengetahuan eksplisit bersifat objektif, masuk akal dan mengutamakan teknis (data, prosedur, perangkat lunak, dokumen, dll)

Semoga Bermanfaat, see you.. salam Fauzi Online

0 comments:

Post a Comment