Implementasi Aplikasi Suply Chain Management Pada Industri Manufactur

Sedikit berbagi mengenai tugas Konsep Sistem  Informasi Lanju yang Fauzi Online dapatkan semester ini, materi ini membahas mengenai SCM oada industri manufactur. Fauzi Online memberikan contoh mengenai PT Yanmar Diesel Indonesia.

Gambaran Umum PT.Yanmar Diesel Indonesia
PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) ini merupakan pabrik manufaktur perakitan mesin diesel untuk aplikasi pertanian, industri dan kelautan yang mempunyai kapasitas produksi 40.000 unit engine yang dihasilkan. Induk perusahaan didirikan pada tahun 1912 dan dikembangkan mesin pertama di dunia diesel komersial kecil pada tahun 1933. Mesin diesel terus sebagai bisnis inti sejak, alat utama dalam rasionalisasi dan modernisasi pertanian, perikanan dan industri. PT ini membawa dunia mesin untuk dapat hemat energi dan ekonomi, serta alat-alat melalui proses konstan pembangunan dan perluasan pasar. Tujuan PT ini adalah meningkatkan kualitas hidup dengan menyediakan mesin-mesin yang menggunakan energi dengan efisiensi maksimal.


Jaringan Rantai Pasok PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN)
Secara umum proses pendistribusian komponen-komponen terutama komponen lokal mesin diesel adalah komponen yang meliputi raw material, sub material dan finish good material akan dikirim oleh supplier ke YADIN berdasarkan schedule yang telah ditetapkan oleh YADIN. Komponen-komponen tersebut sebelum diproses assy maupun machining akan terlebih dahulu dicek secara random oleh divisi quality control bagian incoming inspection.

Apabila komponen yang dicek oleh quality control presentasinya > 10% dari total komponen yang dikirim oleh supplier, maka komponen tersebut dapat disimpulkan reject semua. Komponen yang telah lolos cek visual maupun dimensi oleh quality control berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh YADIN, maka akan diambil oleh divisi warehouse untuk disimpan secara baik dan aman untuk diteruskan ke divisi produksi yang meliputi assembling, painting dan machining berdasarkan planning produksi yang telah ditetapkan oleh PCD (Production Control Division).

Komponen-komponen yang telah di assy menjadi engine akan ditest running terlebih dahulu sebelum dipacking. Setelah dinyatakan ‘OK’ oleh bagian test running, engine tersebut dipacking dan dikirim ke Yanmar Agriculture Indonesia (YAMINDO) di Sidoarjo untuk dirangkai dengan aplikasi penunjang sesuai dengan permintaan pasar, seperti hand body tractor, mesin kapal, mesin pengupas gabah dan lain sebagainya. Setelah dirangkai dengan aplikasi penunjang maka engine tersebut akan dikirim ke main dealer YANMAR diseluruh Indonesia untuk dijual ke para pelanggan.

Perangkat Lunak dan Modul yang Digunakan pada Penerapan SCM
PT. Yanmar Diesel Indonesia telah menerapkan sistem Supply Chain Management dan menggunakan sistem komputerisasi yang terintegrasi yaitu sistem AS/400 yang dinamakan YGLS (Yanmar Global Logistic System) dengan fungsi mengakses berbagai informasi berkaitan dengan beberapa komponen menu-menu utama, yaitu :
1.    Menu order penjualan
2.    Menu pembelian dan penerimaan
3.    Menu pengiriman produk
4.    Menu pengiriman komponen (spare parts)
5.    Menu perencanaan produksi
6.    Menu pembelian material (order pembelian)
7.    Menu manufaktur (terdiri dari assembling, machining, painting, dan packing)
8.    Menu pengaturan penyimpanan material di gudang
9.    Menu manajemen harga (financial dan accounting)
10.    Menu perhitungan kembali stok material (tiap 6 bulan sekali)
11.    Menu master seluruh produk (meliputi input harga, delivery lead time, stock taking, lot delivery.

Menu-menu diatas sangat berguna sebagai acuan, terutama pada tiap-tiap departmen untuk mengawasi peredaran material-material untuk diproses lebih lanjut (machining, painting, assembling dan packing).

1 comment: