Innovation of Gamification as a Part of Digital Marketing

Innovation of Gamification as a Part of Digital MarketingSaatnya Midnigt Sale ... saatnya happy hour... Heey cepatt kumpulkan stiker yang ke 200 nanti dapet motor Ninja looh hadiahnya...  eh like foto aku yang unyu yaaah.. biar aku menang nanti..

Sadarkan teman-teman fauzionline bahwa gambaran ajakan dan antusias yang tadi fauzi jelaskan merupakan bagian dari Gamification yang berbau promosi dan bisnis.. Yupp sesungguhnya manusia itu suka sekali dengan faktor mengoleksi barang, penghargaan, dan mempromosikan mementingkan orang lain.. Banyak faktor lainnya..

Apa itu gamification? Mudahnya, gamification adalah proses mengaplikasikan mekanisme atau aturan permainan yang ada di dalam game kepada aktifitas non-game untuk tujuan tertentu. Di dalam Whitepapernya, sebuah perusahaan konsultan dan penyedia platform gamification bernama Bunchball, menjelaskan dua elemen dasar yang harus dipenuhi ketika kita ingin menciptakan sebuah gamification kepada sebuah aktifitas atau kampanye marketing yang hendak kita jalankan. Dua elemen tersebut adalah Game Mechanics dan Game Dynamics. Keduanya harus dipenuhi ketika kita ingin benar-benar membuat sebuah gamification, berikut penjelasanya:


Game Mechanics
adalah macam-macam aktifitas atau peraturan yang biasa diterapkan dalam sebuah game seperti poin, level, dan tantangan yang dikumpulkan menjadi satu sehingga menciptakan sebuah game experience.

Game Dynamics
adalah rasa senang yang dihasilkan dari sebuah game experience sehingga membuat seseorang menjadi termotivasi dan semangat.

Game Mechanics dibuat untuk menciptakan Game Dynamics. Saya berikan contoh nyata bagaimana dua elemen dasar gamification ini bekerja melalui sebuah game yang belum lama ini kami rilis. Game tersebut bernama NutriSari Social Garden. NutriSari dan Virtual bersama-sama membuat game ini dengan tujuan untuk memunculkan kembali semangat berkebun kepada target audience. NutriSari Social Garden mencoba untuk “mem-gamification-kan” aktifitas berkebun menjadi sebuah game berbasis website yang menyenangkan. Game ini juga terhubung dengan akun social media dari masing-masing user sehingga aktifitas permainan bisa diketahui oleh teman-teman dari user tersebut. Kembali ke Game Mechanics dan Game Dynamics, berikut penjelasanya dengan contoh kasus NutriSari Social Garden:

1. Points as Reward
Poin adalah mekanisme atau lebih tepatnya “Khas” dari sebuah game. Kita melakukan beberapa aktifitas dan sebagai imbalanya kita diberikan poin sebagai imbalan atas aktifitas yang telah kita kerjakan. Di game Social Garden, pemain akan menghasilkan poin ketika berhasil menyiram, memupuk, membasmi hama, dan mencabut rumput. Poin yang dikumpulkan nantinya akan berguna sebagai salah satu syarat untuk memenangkan permainan itu sendiri atau sekedar untuk mencapai sebuah status.

2. Levels as Status


Kemudian ada level yang berfungsi untuk menunjukan status tertentu. Pemain akan merasa tertantang untuk mencapai status tertinggi untuk mendapatkan perasaan gengsi atau bangga. Ada 5 status di game Social Garden dan pemain yang memiliki poin tertinggi berhak menyandang status dengan nama Social Garden Master.

3. Challenges as Achievement
Sedikit mirip dengan level, salah satu Game Mechanics yg lain adalah Challenges. Biasanya para pemain ditantang untuk melakukan suatu tantangan yang spesifik. Sebagai contoh, di Social Garden ada 2 challenges yaitu orang yang paling sering berkebun di Social Garden akan  mendapatkan achievement sebagai Social Garden Fanatic. Jadi fokus dari challenges adalah mendapatkan sebuah achievement yang mungkin tidak bisa didapatkan oleh orang lain.

4. Virtual Goods and Spaces as Self-Expression
Seperti halnya video game, dimana kita bisa mengatur seperti apa penampilan dari orang yang kita mainkan dalam game tersebut maka game Social Garden juga memungkinkan para pemainya untuk mengedit seperti apakah Nutri Gardenernya. Tujuan dari adanya virtual goods adalah untuk mendapatkan kesenangan dari bentuk self-expression pemain dari game tersebut.

5. Leaderboard as Competition
Leaderboard adalah salah satu fitur terpenting di dalam game. Para pemain akan merasa tertantang karena merasa bersaing dengan pemain yang lainya. Di Social Garden ada kebun NutriSari Social Garden yang berisikan informasi tentang nama dan total poin yang telah dikumpulkan oleh para Nutri Gardener lain.

6. Gifts and Charity as Altruism

Dan yang terakhir adalah gifts and charity. Sebagai mahluk sosial tentu kita akan senang apabila kita bisa menyumbagkan sesuatu kepada orang di sekitar kita. Untuk itu elemen game mechanics yang terakhir ini tidak kalah penting dan juga kami aplikasikan di NutriSari Social Garden. Di akhir permainan, para pemain dapat menyumbankan secara nyata tanaman yang sudah mereka tanam secara virtual di game NutriSari Social Garden. Sejauh pantauan saya sudah mulai banyak brand di tanah air yang sudah menerapkan teknik gamification pada campaign marketingnya di digital. Saya memprediksikan bahwa di tahun 2012 ini akan semakin banyak lagi bermunculan gamification lainnya. Masih banyak sebenarnya yang ingin saya sampaikan di dalam tema  gamification, namun tuk kali ini saya kira cukup untuk bisa memberikan pengantar tentang teknik gamification dalam sebuah kampanye marketing.

 Semoga bermanfaat.
(Sumber: virtual.co.id by Andi Primaretha)

0 comments:

Post a Comment