Event Google Day {DevFestJakarta}

Event Google Day {DevFestJakarta and Google Day} - Setelah lama mengoding seperti membuat Program Form Login Sederhana {jQuery}, saat nya kali ini Fauzi Online memperkaya ilmu baru dan refreshing melihat-lihat kondisi kota Jakarta Baru dengan mengikuti event Google Day.

Memperingati ulang tahun Google yang ke 14 pada hari Kamis, 27 September 2012
kemarin, Google menyelenggarakan event yang sangat menyenangkan.Event yang diadakan pada hari Kamis tersebut disebut dengan google day, di mana dalam event itu terbagi menjadi 2 workshop yakni Developer Festival Jakarta dan University.

Fauzi Online sendiri memilih untuk mengikuti Developer Festival atau bahasa kerennya disitu DevFestJakarta. Kemudian bahasan apa saja memang yang ada di workshop tersebut? 


Google Maps API
Bahasan pertama yang ada di DefVest dibawakan oleh pembicara asal Eropa yang bernama Anna Chernova selaku tim developer google menjelaskan tentang materi Google Maps API. Meskipun menggunakan bahasa inggris khas Rusia, fauzi online tetap berusaha melek dan tak mengantuk mengikuti materi tersebut loh.. hehe

Vuforia Cloud Base Recognition on Android Platform
Salah satu kendala yang paling dominan untuk membuat suatu animasi yang super keren adalah sumber daya hardware di smartphone dan jumlah sumber daya yang besar dan banyak. Digunakannya suatu teknologi Could Base yakni dengan menyimpan data-data dan animasi yang sudah jadi dan dapat di load untuk ditampilkan akan memudahkan Developer Augmented Reality untuk membuat karya yang super keren tanpa memikirkan sumber daya yang terbatas. Teknologi tersebut telah dirancang Qualcomm yang disebut Vuforia yang dibahas oleh Salim Ezer.

Developing Computer Vision Applications
Teman-teman mungkin kenal dengan program aplikasi Instagram di Smartphone? yups, aplikasi itu merupakan salah satu dari banyak pengaplikasian computer vision yang tercipta dari teknologi saat ini. Aplikasi yang keren juga sempat ditampilkan oleh pembicara ketiga yaitu Peb Aryan. Ia memamerkan suatu aplikasi computer vision dari salah satu tugas akhir mahasiswanya. Di dalam aplikasi tersebut memungkinkan suatu user untuk menghilangkan objek dari gambar, seperti gambar orang di tepi sungai bisa hilang setelah dilakukan select dan patch. Teknologi canvas dari jSon, serta pengetahuan CSS dan HTML 5 adalah basic untuk menciptakan karya tersebut.


Pernah mengecek statistik pengunjung blog teman-teman khan? apakah mengalami penurunan trafic pengunjung atau mengalami kenaikan pengunjung. Statistik yang diperoleh dari blog maupun website pribadi teman-teman ternyata dapat dibuat laporan yang dapat disesuaikan dengan keinginan sendiri. Custom reporting untuk analisa dari pengunjung blog atau website dapat dibuat teman-teman jika telah menguasai yang namanya Google analytics. Ada laporan pengjunjung yang berbentuk Buble, Chart, dan lain lain, sehingga dapat memudahkan penjelasan kepada orang awam yang belum tentu paham dengan standar statistic seperti yang ada di blogspot contohnya. Materi ini dibawakan oleh Alit Mahendra.


Unlock Your Revenue Potential with AdMob
Dapat dikatakan paling seger nih sesi terakhir ini, pembicara berparas manis yakni Niken Sasmaya dengan luwes membahas mengenai AdMob. Ad Mob adalah layanan dari Google yang memungkinkan advertiser atau pemilik iklan dapat memasang iklannya di aplikasi mobile teman-teman. Keuntungan mendapat dolar pun dapat diraup oleh si pemasang iklan. Banyak manfaat dan keuntungannya dari AdMob ini, salah satunya selain memasang iklan milik orang lain dan mendapatkan dolar, si pembuat aplikasi mobile juga dapat memasang iklannya sendiri di dalam aplikasi mobile milik sendiri. melijat dari segi kegunaan AdMob adalah jelmaan anyarnya dan revolusi dari Adsense. Perbedaanya Adsense terfokus di mobile site, tetapi AdMob fokus di aplikasi mobile.

Pengalaman, Notebook, Stiker
Tentu tidak ada usaha yang sia-sia. Meskipun dari Bogor berangkat Subuh dengan kondisi perut saya mengalami gangguan pencernaan, akan tetapi yang namanya rejeki pasti tidak kemana. Selain mendapat ilmu yang banyak, alhamdulilah saya dapat Notebook, stiker, serta pengalaman yang tak pernah terlupakan saat pulan ke Bogor karena kondisi Jakarta yang ternyata macetnya tidak lumrah (Mungkin karena lama tidak melihat macet di Kebumen)

Buat teman-teman nih fauzi online kasih oleh-olehnya:

G (Fauzi Online) O (Rico) g (Yudha) l (Heru)  Google Day Jakarta 27/9/2012
G (Fauzi Online) O (Rico) g (Yudha) l (Heru)
Google Day Jakarta 27/9/2012




Oleh oleh dari Google. Google Kits (Notebook, Pen, Stiker, Photo Box)
Oleh oleh dari Google.
Google Kits (Notebook, Pen, Stiker, Photo Box)

Sekian pengalam fauzi online, semoga bermanfaat..  See yaa...Salam  Fauzi Online.. ^_^

0 comments:

Post a Comment