Apa Saja Kemampuan Teknologi Ajax

Kemampuan Ajax lebih lanjut...

Postingan sebelumnya Fauzi Online telah membahas mengenai pengenalan asal muasal teknologi ajax, Berikut ini akan dijabarkan lebih lengkap lagi mengenai manfaat Ajax yang biasanya digunakan dalam suatu website, dan para developer websit, mari kita urutkan satu per satu jenis dan penamaan teknologi Ajax berikut:

  • AutoComplete atau AutoSuggest
    Penjelasanya lebih lanjut adalah ketika user sedang mengisi data di sebuah form, karakter yang sedang dituliskan oleh user akan bisa langsung dilengkapi oleh data-data yang disarankan (suggestion). Contoh yang paling akrab adalah gambar di atas yaitu form Google (Google Suggest) di mana ketika teman-teman menuliskan satu kalimat yang belum utuh, maka secara otomatis akan tersedia daftar data-data yang menyambungkan kalimat tersebut secara utuh, sehingga teman-teman tidak perlu lagi menuliskan semua kata yang ingin dicari.
  • Real Time Validation
    Selain validasi terhadap data berupa email, pencoccokan password, umur (harus angka), dan lain-lain.
    Contoh lain adalah pengecekan username sudah ada yang memakai merupakan salah satu validasi yang dilakukan dengan segera atau real time. Hal ini sangat berguna pada kondisi yang tidak memungkinkan pengiriman keseluruhan data ke client yang dibutuhkan untuk melakukan validasi ketika halaman di load di awal mula.
  • Load on demand
    Berdasarkan event tertentu, sebuah halaman HTML bisa mengambik tambahan data di belakang layar, sehingga memungkinkan browermenampilkan halaman web secara lebih cepat dan bisa diatur kapan penampilannya.
  • Refresh data dan server push
    Halaman web dapat mengambil data dari server tertentu untuk menampilkan informasi terkini, misalknya nilai tukar, dolar, stok, ramalan cuaca, dan sebagainya. Kemampuan ini memungkinkan halaman web melihat informasi terkini tanpa harus merefresh atau reload halaman web.
  • Partial Submit
    Halaman web dapat melakukan submit atau pengiriman sebagian form terlebih dahulu, tanpa meminta halaman web untuk merefreshnya terlebih dahulu.
  • Mashup (Mencampur data)
    Halaman web dapat menampilkan data menggunakan berbagai media seperti proxy server side ataupun menggunakan skrip eksternal. Dengan demikian, teman-teman dapat menggunakan berbagai data untuk aplikasi teman-teman. Misalnya menggabungkan nilai tukar menukar dolar ke rupiah dengan halaman web e-comerce.
  • Membuat Chat Online
    Chat online dapat dibuat dengan sederhana yang tidak memerlukan library eksternal seperti Java Runtime Machine atau Flash.
  • Membuat aplikasi
    Lebih fungsionalitas Google Suggest.
  • Mendayagunakan teknologi
    Misalnya pembuatan garafik secara real time menggunakan Scalable Vector Graphics (SVG) atau membuat daftar yang bisa di drag and drop.
  • Pembuatan data grid
    Data grid yang responsive untuk mengupdate database server-sever secara on the fly.
  • Membuat aplikasi yang membutuhkan update
    Update di sini berarti secara real time dari berbagai sumber eksternal misalnya RSS.
Naaah , banyak banget yah? hehehe... oke oke sabar yah... di postingan berikutnya Fauzi Online akan jabarkan satu-satu niih teknik-teknik Ajax di atas.. insya ALLAH.. AMIIN... teman-teman tetap stay di Fauzi Online yah.. See you

1 comment:

  1. nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
    mudah dan terjangkau..
    chek this out => www.kiostiket.com

    ReplyDelete