Keputusan Direktur Bank

Misalkan saya menjabat sebagai Direktur Utama dalam sebuah perusahaan yang mempunyai beberapa cabang perusahaan dan masing-masing cabang mempunyai penghasilan bersih Rp.100.000.00,00 . Saya akan memulai memutuskan membangun E-business (Sistem Bisnis enterprise) untuk mengawasi dan mendapatkan informasi pada masing-masing cabang kapanpun saya inginkan.Kegiatan sistem enterprise ini (E-Business) dilakukan secara elektronik dan diawali dengan adanya pertukaran data leketronik pada masing-masing cabang sehingga saya dapat memperoleh informasi dari segi yang diinginkan secara real time atau kapan saja setiap masing-masing cabang melakukan proses transaksi dan pengupadatean data.

Dengan Omset 100 Juta perbulan keputusan saya sebagai direktur utama yaitu menginginkan 40 % dari setiap cabang harus dialokasikan untuk pembangunan dan pemeliharaan sistem E-business yang saya rancang, adapaun susunan komposisi dari 40% tersebut antara lain 10% untuk pembangunan sistem penjualan dan pemasaran, 10% untuk sistem manufaktur dan produksi, 10% untuk sistem keuangan dan 10% untuk sistem Sumber daya manusia.


Penjelasan dari setiap sistem sebagai berikut:

Sistem Penjualan dan Pemasaran

Sistem ini membantu untuk memanajemen dan mengawasi pergerakan yang mempengaruhi produk baru dan kesempatan pejualan lebih optimal

Sistem Manufaktur dan Produksi

Sistem ini akan membantu untuk perencanaan, pengembangan, pemeliharaan serta penjadwalan produksi akan lebih terstruktur rapi dan dapat disesuaikan dengan target yang ingin dicapai amsing-masing cabang

Sistem Keuangan dan Akuntansi

Sistem ini akan membantu saya untuk menetapkan sasaran investasi jangka panjang untuk perusahaan pada khususnya dan memberikan peramalan jangka panjag mengenai kinerja keuangan masing-masing cabang pada umunya.

Sistem Sumber Daya Manusia

Sistem SDM ini dapat membantu memanajemen mengenai kebutuhan SDM untuk memenuhi rencana bisnis jangka panjang masing-masing cabang perusahaan.

Itulah Langkah saya Andai saya menjadi direktur Utama Sesungguhnya.. hehe
Referensi:
Gunadarma 2007. Betty Yudha (Bab 7 Mengenai E-Business SIM2)

0 comments:

Post a Comment