Prosedur Setelah Lulus Sidang Magister Universitas Gunadarma

Hai teman-teman lama tak jumpa! kali ini fauzi online akan membahas mengenai Prosedur Setelah Lulus Sidang Magister Universitas Gunadarma, ciyee ciyee tau deh yang udah lulus S2, ehm ehmm Alhamdulilah berkat doa teman-teman juga akhirnya Fauzi Online udah resmi punya gelar MMSi nih. hehe Terimakasih ya pembaca setia Fauzi Online Semuanya.

Prosedur Setelah Lulus Sidang Magister Universitas Gunadarma

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengambil ijazah Magister S2:

1. Revisi
Ya namanya juga gelar untuk manusia, tidak ada yang sempurna lah, meskipun udah dinyatakan lulus tapi tetep aja ada embel-embel gelar R alias revisi , hehe. Jadi silahkan teman-teman revisi dulu tesis sesuai dengan poin-poin di lembar revisi yang teman-teman dapatkan saat setelah sidang, setelah proses revisi selesai jangan buru-buru di hardcover ya, tapi harus dikonfirmasi dulu dengan dosen pembimbing dan jangan lupa bawa lembar revisinya agar ditanda tangani beliau, sehingga terbukti kalau thesisnya sudah benar.

Pada tahap ini, teman-teman juga bisa sekalian minta tanda tangan beliau untuk 3 lembar pengesahan dari 3 rangkap thesis yang telah direvisi, jadi sekali mendayung dua tiga empat trus lima deh, laah apaan sih ji! wkwk maksudnya dua tiga pulau terlampaui, hehe

2.  Hardcover
Tahapan kedua Prosedur Setelah Lulus Sidang Magister Universitas Gunadarma adalah 3 rangkap thesis yang sudah selesai direvisi silahkan dihardcover. Menurut kakak senior Fasttrack 1 DJ Andre, jurusan perangkat lunak sistem informasi warna covernya adalah hitam dan warna pitanya merah. Bagi jurusan pasca sarjana lainnya dapat melihat nih panduan warna cover dan warna pitauntuk hardcover.

Panduan Warna Cover dan Pita Pembatas Pada Hardcover Thesis untuk Magister Gunadarma

3. Tanda Tangan
Tahapan ini perlu sedikit ekstra waktu nih, Tanda tangan di thesis itu ada 3 tanda tangan, yang pertama adalah tanda tangan dosen pembimbing, kedua tanda tangan direktur pasca sarjana saat ini dijabat oeh Bapak Dr. Tubagus M, bagi yang belum mengenal bapaknya, silahkan cek staffsitenya beliau (mkusuma.staff.gunadarma.ac.id), tanda tangan ketiga yaitu Bapak Prof. Dr. Yuhara, beliau dapat ditemui di Depok Gedung 1 Lantai 1 Ruang 7, atau D117, namun biasanya untuk mendapatkan tanda tangan Prof Yuhara, teman-teman dapat ke kampus Kenari ke lantai 3 dan temui saja mas Office Boy yang ada di sana, nanti masnya yang akan menaruh hardcover teman-teman di ruangan bapak Prof, jika saat itu sedang ada sidang bisa langsung ditanda tangani oleh beliau hari itu juga, jadi ke Kenari nya waktu ada sidang saja agar efektif.

Pada tahap 3 ini sebenarnya sudah dicicil pada tahap 1, karena fauzi online rekomendasikan tanda tangan dosen pembimbing sudah didapat pada tahap 1 kan, nah tinggal tanda tangan Direktur Pasca Sarjana dan juga Pak Prof deh. Ingat urutannya harus Dosen Pembimbing dulu, kemudian direktur pasca sarjana, lalu pak prof ya.

4. Surat Keterangan Bebas Perpustakaan dan Sumbangan Buku
Di tahap ini teman-teman harus kembali berkutat dengan kampus Kenari, karena untuk mendapatkan surat keterangan bebas perpustakaan dan sumbangan buku untuk pasca sarjana, teman-teman harus langsung berhadapan dengan petugas perpustakaan Kenari bukan perpustakaan Depok Gunadarma. Di sana pastikan buku apa yang boleh disumbang? Saat fauzi online mengurus tahao ini mempunyai syarat Buku sumbangan harus mempunyai harga Rp. 75.000 atau di atasnya,dan harus berupa buku bukan uang, huhu.

Tenang saja, tahap ini bisa teman-teman akali dengan membeli buku di Gramedia Online (GramediaOnline.com), selain banyak diskonannya pilihannya juga banyak. Jadi perihal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi petugas perpustakaan Kenari untuk memastikan buku yang akan dibeli belum ada dan boleh dibeli oleh teman-teman, jika sudah Deal boleh, maka pesan saja buku tersebut.

Selain menyumbang buku untuk mendapatkan surat keterangan sumbangan buku, teman-teman harus menyerahkan CD berisi PDF berupa penulisan Thesis yang telah dipisah per Bab nya. Hal tersebut juga akan dicek untuk mendapatkan surat bebas perpustakaan. Alhasil dari tahap ini adalah sebagai berikut:

Syarat untuk Surat Keterangan Bebas Perpustakaan dan Sumbangan Buku

Pada Tahap ini fauzi Online sendiri dibantu oleh teman-teman Fauzi  yang super cantik hehe namanya Dinda, Yani dan Sarah, mereka yang menanyakan ke petugas perpustakaanya dan malah Dinda yang berkenan  membawa CD dan Buku sumbangan dan mengurus tahap ini ya itung-itung sambil berangkat kuliah reguler katanya, karena tahap ini memang boleh diwakilkan kok.Hehe makasih ya Dinda, Yani Sarah semoga cepet nyusul lulus S2 juga, Aaaamiiin

5. Blanko Wisuda
Meskipun wisuda kebagian bulan Oktober, tapi Fauzi Online sudah membayar loh, blanko ini bisa kamu ambil di loket 19 Baak, minta saja blanko wisuda. Namun perihal daftar ulang wisudanya baru dilayani 3 bulan sebelum wisuda antara Juli atau Agustus, wkwkwk Niat bingit yak fauzi wisuda Oktober udah bayar  1juta 250 rebo pada bulan Mei! wkwk Itung-itung sedekah laaah balas budi sama Gundar kan S2 nya sudah dibayarin full gratis, hahaha Piss yaa ibu nya Keke, Fauzi Online bercandaaa :p

6. Fotocopi Sertifikat Kursus
Nah tahap ini Fauzi Online tidak ada, dikarenakan atas rekomendasi Bapak I Made Wiryana bahwa  Mahasiswa S2 Beasiswa Fasttrack bukan diwajibkan mengikuti kursus melainkan diwajibkan membuat modul kursus untuk pelatihan sejenis. Fauzi Online sendiri bersama partner ibu Metta Eri Safitri yang saat ini sedang Hamil muda nih, telah membuat modul kursus Scratch Programming, naah buat teman-teman yang mau mengikuti pelatihan ini bisa dicek di website IBC ya (ibc.gunadarma.ac.id) EH GRATIS SNACK DAN MINUM LOH selama 5 hari atau jalannya kursus, tapi daftarnya ya tetep ya bayar dulu! whehehehe


7. Surat Bebas Keuangan
Tahap ini juga nih, Fauzi Online tidak mengurusnya, dikarenakan semua mahasiswa S2 Fasttrack tidak dipungut biaya, namun tetap saja harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu 15 bulan agar fokus mengerjakan thesis dan kuliahnya.Namun jika mahassiwa S2 reguler dapat mengurus di loket keuangan BAAK, untuk mendapatkan surat keterangan bebas keuangan, persyaratannya tidak jauh beda saat mengurus administrasi pasca sarjana .


Demikian kurang lebih prosedur setelah lulus sidang magister universitas gunadarma, adapun berkas-berkas yang telah diperoleh merupakan persyaratan untuk mengambil ijazah S2. Agak ribet ya? Ndak juga jika teman-teman memang benar-benar NIAT, buat melakukannya semua akan terasa mudah kok. hehe

Saat ini Fauzi Online sudah menyelesaikan tahapan semuanya nih, namun administrasi dari S2 Fasttack Gunadarma harus melaporkan terlebih dahulu nilai dan beberapa laporan ke Kemdikbud. Semoga Fauzi Online dimudahkan dan dipercepat untuk mendapatkan Ijazah dan Transkrip nilainya ya ALLAH.. Aaaamiin, maklum kasian sama bapak udah nagih-nagih terus, malahan dari Triwulan 1 buat disuruh nyetor nilainya ke beliau, sabar yak Bapaku tercinta, nanti Fauzi usahakan lagi buat menanyakannya.

2 comments:

  1. Kak. Mau nanya masalah s2 nih. Aku baru mau masuk s2. Bisa minta email kk ga ??

    ReplyDelete
  2. Kak. Aku baru mau masuk s2 nih. Jadi mau nanya2 samakk.. bisa minta email kk ga ?

    ReplyDelete