Laporan IT Audit ILAB Gunadarma

Laporan IT Audit ILAB Pada Universitas Gunadarma

Laporan ini hanya untuk tugas yang diberikan oleh dosen Mata Kuliah Sistem Informasi yaitu analisis kinerja sistem. Ibu Lintang Yuniar Banowosari saat itu memberikan Fauzi Online tugas yang cukup menyulitkan karena pada V-class nya mahasiswa harus membuat laporan tentang Kasus IT Audit dan IT Forensic pada suatu organisasi. Terpikir lah langsung oleh saya untuk mengaudit secara kasat mata dan awang-awang untuk membuat laporan audit IT pada ILAB.

Pendahuluan Pentingnya Laporan IT Audit
Salah satu faktor kesuksesan sebuah organisasi adalah efektivitas manajemen informasi dan teknologi informasi pendukungnya. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:
  1. Bertambahnya tingkat ketergantungan organisasi terhadap informasi dan sistem yang digunakan untuk memanajemen dan mengkomunikasikan informasi tersebut.
  2. Berkembangnya ancaman dunia kejahatan cyber seperti ancaman jaringan internet dan pemalsuan informasi.
  3. Meningkatnya investasi dalam pengelolaan dan pengembangan sistem informasi dan akan terus meningkat di masa mendatang.
  4. Teknologi berpotensi merubah kondisi organisasi secara radikal dan sekaligus memberikan peluang untuk menjawab berbagai permasalahan dan mereduksi biaya operasional. 
Kini informasi telah menjadi salah satu aset organisasi yang bersifat dinamis, sejalan dengan berkembangnya perangkat aplikasi teknologi informasi yang menjadi unsur pendukung utama bagi yang diperlukan. Saat ini banyak organisasi yang memiliki ketergantungan terhadap informasi elektronis dan sistem teknologi informasi. Keadaan ini, mendorong organisasi untuk mengadaptasi berbagai perubahan dan perkembangan teknologi Informasi.

Laporan IT Audit ILAB Pada Universitas Gunadarma
Laporan IT Audit ILAB Pada Universitas Gunadarma
Untuk memastikan bagaimana kontribusi manajemen teknologi informasi terhadap obyektif bisnis organisasi, sebuah organisasi perlu melakukan evaluasi dan audit terhadap efektivitas teknologi informasi yang digunakan. Berkenaan dengan proses evaluasi dan audit manajemen teknologi informasi, COBBIT (Control Objectives for Information and related Technology) merupakan pilihan terbaik sebagai metode kerja proses evaluasi dan audit di atas.

Tujuan IT Audit
Agar dapat mengadaptasikan berbagai perubahan dan arah pengembangan teknologi informasi ke depan, Integrated Laboratory perlu mengetahui bagaimana kondisi implementasi teknologi informasi saat ini sehingga memudahkan untuk melakukan perencanaan pengembangan teknologi informasi yang akan datang. Menjalankan audit manajemen teknologi informasi untuk mengetahui kondisi saat ini akan sangat membantu Integrated Laboratory untuk memverifikasi bagaimana implementasi teknologi informasi selama ini dilakukan.

Metodologi IT Audit
Cobit menyediakan metode dan prosedur untuk melakukan proses audit dalam bentuk Cobit Framework. Berdasarkan framework yang telah tersedia, metodologi yang digunakan untuk melakukan audit adalah sebagai berikut:
  1. Dalam kasus ini assessment akan berfokus dilakukan terhadap sumberdaya TI manusia atau SDM atau Asisten Lab.
  2. Material assessment, termasuk dalam hal ini adalah daftar pertanyaan berdasarkan standar dan struktur Cobit. Materi assessment terdiri atas 4 domain: Planning & Organization (PO), Acquisition & Implementation (AI), Delivery & Support (DS) dan Monitoring (M).
  3. Audit akan didasarkan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan, tim konsultan melakukan analisa tingkat efektivitas dan efisiensi dari manajemen teknologi informasi. 
Hasil IT Audit
Setelah proses audit itu sendiri telah selesai dan didapatkan beberapa evaluasi dan tahap – tahap yang berkelanjutan, maka auditor beropini bahwa proses audit yang dilakukan telah selesai dan menyimpulkan bahwa ILab telah menerapkan kualitas serta ketepatan management system terhadap beberapa bagian yang penting khususnya bagian SDM, diketahui dengan adanya beberapa document dengan data – data valid yang dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.

Namun tidak semua proses yang ada dalam cobit sesuai dengan kondisi ILab, hal ini dikarenaakan Ilab tidak berarti tidak lengkap , namun berarti ILab merasa beberapa hal dalam proses tidak lah perlu untuk melengkapi dengan hal – hal yang dirasa belum atau tidak dibutuhkan beberapa saat ini. Untuk itu, dari keseluruhan hasil audit , maka didapat hasil tiap prosesnya sebagai berikut :
  1. PO1 Define a Strategic Plan : Level Yang didapat : 4
  2. PO3 Determine Technology Direction : Level Yang didapat : 3
  3. PO4 Define The IT Processes, Organisation and Relationship:Level Yang didapat : 3
  4. PO6 Communicate Management Aims and Direction: Level Yang didapat : 2
  5. PO7 Manage Human Resources: Level Yang didapat : 4
  6. PO9 Manage Quality : Level Yang didapat : 4
  7. DS7 Educate Train User : Level Yang didapat : 4
  8. DS9 Manage The Configuration : Level Yang didapat : 3 
Namun secara rata – rata maka penilaian atas kompetensi dan penilaian atas hal yang diaudit pada ILab memiliki level 4, dikarenakan banyaknya dan ketersediaan serta kesadaran management terhadap kebutuhan teknologi informasi tanpa memaksakan fasilitas yang dirasa nilainya tidak terlalu dibutuhkan.

Rekomendasi Bersama IT AUdit ILAB Pada Universitas Gunadarma
Untuk meningkatkan posisi kematangan ILAB dari level repeatable sehingga mampu setara atau bahkan mengungguli laboratorium berbasis internasional maka ILAB harus membenahi dahulu mengenai perangkat koneksi jaringan yang ada di lab. Dengan adanya perangkat koneksi jaringan yang memadai, ILAB dapat berharap agar konsep dan target praktikum berbasis Integrated dapat berjalan sesuai dengan semestinya dan sesuai dengan tujuan ILAB. Selain itu, perangkat jaringan koneksi ini harus selaras dengan perkembangan teknologi dan maintanance secara berkala.

Demikianlah review singkat jelas dan padat dari tugas VClass AKS yaitu tugas laporan tentang Kasus IT Audit dan IT Forensic pada suatu organisasi. Semoga Bermanfaat.

Referensi:
http:// lintang.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/23256/IT_audit.pdf , Diakses tanggal 12 Maret 2013

Rancangan Penelitian Adalah Postingan Fauzi Online yang Paling Direkomendasikan untuk Dibaca. Silahkan...  

3 comments:

  1. agan blognya bagus bngt.. salam kenal gan nama ane mahartana ane mahasiswa ITS, ane lagi tertarik bngt ni ame namanya web, ane mau belajar buatnya tapi kgk tau harus mulai dari mane, Tulung petuahnya agan dewa

    ReplyDelete
  2. gan blognya bagus bngt gan , kenalin nama ane mahartana ane mahasiswa its, ane lgy ngebet bngt ni m web , pengen buat tapi kgk tau mulai dari mane belajarnya , agan minta tolong petuahnya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. TERIMAKASIH Kak baguus kunjungannya.. sebelumnya ane juga masih pada tahap belajar nih kak..hehehe jadi mungkin kita sama-sama belajar yah..

      pertama saran dari ane, jangan bosan bosan berlatih coding, asah terus kemampuan dan skill,ada ibaratnya pisau yang sering diasah pasti akan mampu untuk menebas pohon sekalipun.. :)

      Googe ibarat perpustakaan yang paling dekat dengan kita saat ini...

      Jangan ragu untuk mencari project web, dengan tantangan seperti itu mau tidak mau kita akan dipacu untuk belajar dan terus belajar sampai dengan bisa karena tuntutan tanggung jawab..

      Salam Mahasiswa..
      Ditunggu Kunjungannya lagi yah..

      Delete