Bahasa Pemrograman OCaml

Bahasa Pemrograman OCaml

Fauzi Online sempat belajar dalam Materi Kuliah Teknik Kompilasi saat semester 6 di Universitas Gunadarma dulu. Dalam perkuliahan teknik kompilasi dosen yang mengajar Fauzi Online adalah Dosen Teknik Kompilasi Bapak I Made Wiryana, di dalam perkuliahan beliau kami dituntun untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain dari pada yang lain. Kelompok saya terdiri dari Andry Yudha Prawira, Fauzan Ramadhan dan Heru Hartanto diberi tugas untuk mempelajari Bahasa pemrograman OCaml.

Pengenalan Bahasa Pemrograman  OCaml
OCaml adalah salah satu jenis bahasa pemprograman tingkat tinggi seperti C, C++, perl dan python. Bahasa pemprograman ini dikembangkan dan didistribusikan oleh INRIA , sebuah lembaga penelitian dari Prancis sejak tahun 1985, huruf O pada Ocaml berarti Objective, karena Ocaml dapat memberikan dukungan untuk beberapa level dari bahasa pemprograman berbasis objek.

Salah satu fitur yang menarik dari Ocaml adalah bahwa Ocaml adalah bahasa pemprograman yang bersifat interpreater sekaligus compiler,maksudnya Ocaml dapat dicompile ke dalam executeble file hal ini mempermudah pengembangan program walaupun diteruskan oleh programmer yang bukan pengguna Ocaml,di sisi lain script Ocaml atau perintah pada Ocaml dapat di eksekusi oleh sebuah interpreater.hal ini berguna untuk menemukan kesalahan di dalam pembuatan program atau kesalahan pada potongan program.

Paradigma Pemrograman yang Digunakan
Paradigma yang digunakan untuk bahasa pemprograman Ocaml adalah Paradigma Fungsional.

Pemrograman OCaml
Ocaml adalah sebuah mostly functional programming language ,maksudnya bahwa Ocaml adalah bahasa pemprograman berbasis fungsional yang banuyak digunakan sehingga bisa dikatakan bahwa Ocaml sudah Optimal menjalankan fungsinya sebagai bahasa pemprograman dengan paradigma fungsional.

Camelia Merupakan IDE untuk OCaml
Camelia berawal dari sebuah tools untuk membantu mahasiswa di Brown university dengan tujuan agar memudahkan mereka untuk menjadikan skema ke dalam OCamel, Camelia adalah sebuah IDE yang sangat baik dan direkomendasikan sebagai alternatif untuk Ocaml programming.

Screen Shoot Camelia

Tampilan Camelia IDE Pemrograman OCaml
Tampilan Camelia IDE Pemrograman OCaml
Contoh Program Sederhana Menggunakan Bahasa OCaml
Berikut ini sintaks mengenai contoh program sederhana untuk membuat fungsi pada OCaml.

OCaml version 4.01.0+dev0 (2012-03-12)‏ 
# let rec bil n=
   if n < 1 then 1 else 2;;
# bil 3;; 

Logika Program di atas  menjelaskan bahwa terdapat fungsi bil yang diinputkan nilai 3, sehingga output yang dihasilkan 2.

Sekian Review mengenai ulasan dari Materi Kuliah Sistem Informasi mata kuliah Teknik Kompilasi, Semoga Bermanfaat. Bagi yang Mau menambahkan ilmunya atau yang menekuni bahasa Pemrograman OCaml ini harap berkenan dan mau berbagi dengan Fauzi Online.

1 comment:

  1. Oh iya masukan saja.. ALHAMDULILAH mata kuliah teknik Kompilasi ini saya mendapatkan nilai A..

    ALHAMDULILAH.. makasih teman-teman.. :)

    ReplyDelete