Pengenalan Asal Muasal Teknologi AJAX


Sebelumnya Teman-teman fauzi online sudah tahu belum perbedaan paling mencolok antara aplikasi website dengan aplikasi dekstop di komputer? hmmmm... apa hayo? mau tahu banget gag? hehe.. Aplikasi dekstop lebih interaktif dan responsif dibandingkan aplikasi website.

Jika teman-teman pernah melihat atau menjalankan aplikasi dekstop, di mana jika mengklik suatu tombol, maka reaksi perubahannya akan langsung terlihat pada aplikasi tersebut, hal itulah yang menjadikan aplkasi dekstop sangat interaktif.

Lain ceritanya jika dibandingkan dengan aplikasi website, di mana jika teman-teman mengklik suatu tombol maka browser akan melakukan refresh atau load pada browser, biasanya layar browser akan menjadi halaman kosong berwarna putih sesaat, karena pada saat itu browser sedang melakukan request atau permintaan data ke server. Hal itulah yang membuat aplikasi website menjadi kurang interaktif dan responsif dibandingkan aplikasi dekstop.

Namun, pada suatu hari.. hahaha kayak dongeng nih fauzi, seorang pria london, presiden sekaligus pendiri perusahaan Adaptive Path, bernama Jesse James Garret yang memperkenalkan Ajax untuk mengatasi masalah tersebut, di mana Ajax dapat membuat aplikasi website menjadi lebih interaktif dan respondif layaknya aplikasi dekstop.

Dikemudian hari, ajax semakin populer saja dikalangan pengembang website, karena kehadiran Ajax menandai lahirnya suatu generasi baru bagi web modern, atau istilah kerennya Web 2.0 yang kini telah berkembang menjadi Web 3.0(Semantic Web).

Bermula dari provokasi Google yang menggunakan Ajax untuk membuat aplikasi Google Maps, Google Suggest dan Gmail. Diikuti oleh Flickr, Apple, Yahoo!, news dan Yahoo!Mail. Terus lahirnya Facebook serta Twitter. Dan terus menginspirasi website-website populer lainnya. Semakin membuat Ajax tak terbendung saja. Mau lihat contoh-contoh aplikasi yang menggunakan ajax?

Ajax Facebook
Facebook Notification

Gmail Loading

Dikarenakan Ajax banyak digunakan oleh website terkemuka di dunia, maka mau tidak mau akan mempengaruhi website-website lainnya untuk mengikuti jejak mereka. Saat ini, rasanya website tanpa sentuhan mereka bagaikan sayur tanpa gula, eh garam .. hehehe

Demikian pengenalan Mengenai Ajax, postingan berikutnya insya ALLAH fauzi online akan membahas mengenai perintah-perintah dan contoh-contoh program menggunakan jQuery (Sintaks bawaan Ajax) ..
See you, bye

Thanks to: Lukmanul Hakim : bukulokomedia.com

2 comments:

  1. lumayan buat nambah ilmu artikel nya,
    thx, salam kenal :D

    ReplyDelete
  2. wah...aq malah baru tahu perbedaannya..and baru tahu apa itu ajax...thx banget sharingnya lho, and kasih label dunk di sidebar biar bisa baca posting lainnya...thx

    ReplyDelete