Cerita Sidang Penulisan Ilmiah Gunadarma

Fauzi Online ingin sedikit menyinggung mengenai sidang penulisan Ilmiah Gunadarma sebentar yah.. mumpung masih lagi anget-angetnya nih pada minggu hari-hari sidang PI di kampus fauzionline..

Hari Jum'at  22 Juni 2012 merupakan hari yang bersejarah bagi Fauzi Online, karena penentuan kelulusan dan nasib penulisan ilmiah yang berjudul "Pembuatan Aplikasi Manajemen File Kegiatan Berbasis Web Dengan Menggunakan jQuery, PHP dan MySQL " akan ditentukan dengan sukses tidaknya FauziOnline sidang / presentasi PI pada tanggal tersebut.

Dengan panduan Tips-trik Presentasi Sidang PI sebelumnya, Fauzi Online memulai hari Jum'at ini dengan BISMILLAH dan tentunya perasaan degdegan.

Pukul 07.10 Wib
Tancap gas menunggangi motor supra berplat AA menuju kampus tercinta, diselingi doa-doa yang saya yakin orang tua beserta keluarga juga sedang berdoa demi kelancaran hari ini..

Pukul 08.00 Wib
Sampai juga di kampus, setelah parkir motor dan masih pagi sekali ternyata, karena belum sarapan yasudahlah saya sarapan dulu ke tempat bubur ayam depan jualan ketoprak atau samping tukang kentang goreng..

Lima menit kemudian:
Selesai sarapan Fauzi Online ke tempat fotocopian untuk memotong sebagian slide presentasi PI yang tidak akan dipakai yaitu ("Slide Metode Penelitian").

Pukul 08.10 lewat dikit:
Menuju masjid kampus, dan benar ternyata dugaan saya yaitu salah satu sahabat yakni antara Heru Hartanto atau Andry Yudha Prawira pasti ada di sana. Tampak sesosok jaket abu-abu dan kumis tipisnya yaitu si Yudha. OK FauziOnline menitipkan tas yang berisi 4 eksemplar Jilidan PI di samping Andry yudha. Setelah solat Dhuha kita beranjak ke gedung 452 untuk persiapan menuju tempat perjuangan.. hehe

Pukul 09.40 kurang dikit kayanya:
Dosen penguji datang dan memberikan daftar absen kepada para mahasiswa yang kebagian ruang B saat itu. setelah mengisi daftar absen, mulailah satu demi satu masuk ke dalam ruangan presentasi PI atau sidangnya.

Pukul 11.15 lewat dikit juga kayanya:
FauziOnline merasa resah tuh, karena belum mendapat giliran atau panggilan dari penguji sedangkan semua teman-teman telah selesai dan sukses dengan presentasinya masing-masing.. dengan perasaan dag dig dan gak lupa pake dug.. hehe, akhirnya masuk juga ke ruangan yang dinanti-nanti..

Sekitar Pukul 11. 40 :
Fauzi Online memulai presentasi dan membawakan slide yang berjumlah 10 lembar hmmm tapi dalam tiap lembar ada 2 slide *gubraaagg jadi total slidenya da 20 lembar buanyak banget yah?? tapi apa daya lah karena memang bobot materi yang akan disampaikan harus ditampilkan pada presentasi.. oh iya nih ada foto kenang-kenangannya di mana gambaran Fauzi Online saat presentasi PI:


Ruangan sidang PI di kampus Gunadarma itu cukup kecil kok, jadi tidak terlalu gugup sangat.. asal kan materi dan penulisan, serta program yang teman-teman bawa itu dikuasi benar-benar... kreasikan saja kata demi kata di slide presentasi seperti latihan sebelumya..

Apalagi yah yang ingin Fauzi Online ceritakan .... hmmmmm, oh iyah dari 20 slide yang FauziOnline bawakan hanya 6 slide yang ditayangkan oleh dosen penguji saat itu, diantaranya judul, latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan, struktur navigasi, ERD (Entitas relational Diagram).

Tanya Jawab yang paling seru yaitu saat Penguji menanyakan mengenai Struktur Navigasi  karena disitulah ternyata penulisan ilmiah Fauzi Online terdapat celah, oke apa daya akhirnya harus diterima dengan lapang dada untuk revisi pada bagian struktur navigasinya..

Sekitar  pukul 11.55 lewat dikit sepertinya:
FauziOnline keluar meninggalkan ruangan penguji, dengan perasaan.. hmmmm LEGA, PUAS, dan SENANG tentunya hehehe, secara semua kemampuan dan usaha telah diluapkan semampu FauziOnline, apapun hasilnya nanti harus dapat diterima dan dilakoni dengan keikhlasan dan rasa bersyukur kepada ALLAH SWT.... 

Selain Tips saat Sidang Penulisan Ilmiah yang telah diposting sbeelumnya, dalam postingan cerita kali ini Fauzi Online juga akan berbagi tips trik tambahan kepada teman-teman semuanya bagi yang akan sidang Penulisa Ilmiah Gunadarma:
  1. Gunakan slide Presentasi PI yang polosan saja karena kita masih menggunakan OHP untuk presentasi tapi usahakan ada unsur elegannya,  template polosan dapat diunduh disini:
    Template Sidang Penulisan Ilmiah Polosan
  2. Ucapkan salam sebelum masuk ruangan jangan lupa loh ya..
  3. Pintalah izin terlebih kepada penguji dahulu untuk memulai presentasi.
  4. Usahakan tampil percaya diri, dan penuh Optimis untuk perlihatkan kepada penguji bahwa penulisan dan program yang teman-teman bawakan itu menarik dan layak untuk diapresiasi setinggi mungkin tentunya.. hehe (Tapi jangan berlebihan loh yaa).
  5. Jangan memotong penjelasan penguji, dengarkan sampai dengan tuntas baru jika tidak sesuai dengan kenyataan yang dibuat pada sistem atau aplikasi teman-teman dapat diluruskan dengan sopan.
  6. Jika dirasa sudah cukup dari penguji, maka turutilah apa kata beliau, jangan memprotes apapun yang dirasa tidak perlu.
  7. Sebaiknya ucapkan terimasih kepada dosen penguji karena telah memberikan saran dan ilmu tambahan yang sangat berarti bagi para teman-teman melalui sidang PI ini..
  8. Dan terakhir, saran optionalnya mintalah ijin untuk berjabat tangan kepada para penguji, sebagai rasa hormat dan keseganan karena telah bertemu dan diberi masukan.
Sebelum menutup akhir cerita ini satu lagi nih, foto oleh-oleh saat selesai sidang PI, hehe

Foto Selesai SIDANG Penulisan Ilmiah (Yudha, Fauzi Online, Heru)

Postingan ini ditunjukan kepada:

Semua para dosen yang telah membantu penulisan ilmiah saya:
Bapak I Made Wiryana, saya sangat berterimakasih kepada beliau, terimakasih sangat yah pak.....
Ibu Febriani, saya sangat berterimakasih atas waktu dan ilmu yang telah diberikan beliau sangatlah bermanfaat sekali.... terimakasih ibu febriani,,,
Ibu Tri Sulistyorini,  selaku dosen pembimbing saya,, terimakasih banyak yah ibu Tri...

Mamah dan Bapak yang di Kebumen, terimakasih pak mah doanya buat anak bontotmu ini......

Team BBSDM , serta para kakak alumni, teman-teman 4KA01 maupun teman-teman 3KA01 Semua Yang Tercinta dan para pembaca setia fauzi online.. SUKSES SEMUA teman-teman,...

SALAM SEMANGAT!! BISMILLAH ALLAHUAKBAR!!!!!

15 comments:

  1. http://mifta-huljannah.blogspot.com/2012/06/tips-trik-search-engine-optimization.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentarnya sedikit aja buu.. jangan langsung link kaya gitu dong aduuh.. hehehe

      Delete
  2. ohohohohooo,

    postingan yang bagusss :D

    saya sebentar lagi mnyusul. doakan saya ..
    hheheheh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih lilaah... AMIIN Semoga Sukses juga yah.. SEMANGAT lilah :)

      Delete
  3. wow, saya masih maba tahun ini, tapi simak simak blog agan boleh yah buat pandangan nanti
    saya liat liat disini juga banyak artikel pemograman saya boleh belajar juga yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap chibii..
      Mampir mampir yang sesering mungkin yah.. Insya ALLAH saya akan update sampai saya kerja besok! hehe..

      banyak ilmu per semester di sini kok, jadi stay tune terus aja yah tetep di Fauzi Online.. hehe

      Delete
  4. kita juga punya nih artikel mengenai Penulisan ilmiah, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3385/1/LAPORAN%20EKSEKUTIF.pdf
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. Referensi bagus banget tuh pasti .. makasiih sharenya yah PASUKAN BAPSI.. hehe semangat kerjanya!! Go Go Go..

      Delete
  5. whehe enak ya udh lulus.
    ane bru mo msuk smster 6 neh ! ..
    thanks artikellll nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah...

      Semangat!! Sukses Kuliah dan PI nya..

      Delete
    2. semangat!
      Dpet DP yg susah nie ... wkakaka
      mana pake LaTex ..

      Delete
  6. kita juga punya nih jurnal mengenai online, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6172/1/Dokumentasi%20Presentasi.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widiih banyak pasukan Bapsi nih kayanya..

      Mantap Mantapp,.. Share teruuss... ALhamdulilah semoga bermanfaat nih pasti!

      Delete
  7. wah bagus nih bro
    ane sendiri lagi bingung sama PI ane -_-a
    semoga ane bisa lewatin dengan baik PI ini
    doa'in ya mudah mudahan tips" yang ente posting bisa bantu ane nantinya :D

    ReplyDelete
  8. keren2. buat modal saya semester depan nih.
    mudah2an diberikan keringanan

    ReplyDelete