Fasilitas TIK di Gunadarma

Tidak terasa sudah empat semester saya mencari ilmu di kampus Gunadarma Depok, dan tidak terasa juga tahun 2011 ini umur Universitas Gunadarma telah ulang tahun ke tiga puluh. Seperti yang kita ketahui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) merupakan motor penggerak pada hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan., teknologi informasi dan komunikasi itu juga yang menjadi salah satu faktor pertimbangan yang dapat mempengaruhi untuk tertariknya seorang calon mahasiswa untuk kuliah di kampus tersebut, seperti Fauzi Online yang tertarik dan bertekad kuat untuk melanjutkan gelar sarjana di Universitas Gunadarma, karena selain memiliki segudang prestasi baik dibidang akademis maupun non akademis, Universitas Gunadarma juga memiliki Fasilitas TIK yang patut dikagumi oleh badan nasional maupun internasional di kalangan Universitas Swasta lainnya.

Sebagai tanggapan positip atas perkembangan TIK, Universitas Gunadarma telah banyak memberikan apresiasinya untuk mengikuti perkembangan teknologi masa kini yang semakin berkembang pesat , setiap tahunnya Universitas Gunadarma mengembangkan dan membuat teknologi yang baru demi menunjang pembelajaran untuk mahasiswanya. Hal ini sangat sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Gunadarma yaitu:

Visi Universitas:
Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognize), baik di tingkat regional maupun internasional.

Misi Universitas:
Pertama
Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
Kedua
Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
Ketiga
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).
Keempat
Menyelenggarakan kerja sama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
Kelima
Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.


Jika dijabarkan secara detail sebelum Fauzi Online lahir perkembangan TIK selama 30 tahun dalam perkembangan fasilitas TIK Universitas Gunadarma antara lain:


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 1982

Universitas Gunadarma telah melakukan pembelian komputer pertama untuk proses pendidikan di Gunadarma, jadi secara langsung pendidikan Gunadarma di tahun ini sudah menjalar ke bidang computer.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 1988

Universitas Gunadarma Menerima Bantuan komputer dari presiden yang digunakan untuk kegiatan kursus pembekalan Pengembangan Local Area Network (LAN) pertama di Gunadarma.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 1992

Universitas Gunadarma melakukan pengembangan Sistem Manajemen Akademik Online untuk pengisian KRS, basis data mahasiswa, pengolahan nilai dan KTM.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 1994

Universitas Gunadarma melakukan pemasangan koneksi Internet dengan dial-up MODEM di lembaga pengembangan komputerisasi 5 1995 Pemasangan jaringan intranet pertama dengan 10-base-5 di Kampus Kelapa Dua 6 1996 Pemasangan koneksi internet dengan VSAT bekerja sama dengan PT Indosat dengan kapasitas sebesar 128 Kbps Peluncuran situs resmi Universitas Gunadarma dengan alamat http://www.gunadarma.ac.id


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 1998

Universitas Gunadarma Melakukan penggantian media koneksi Internet dengan Leasedline PT Telkom dengan kapasitas sebesar 256 Kbps


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 1999

Universitas Gunadarma melakukan upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 512 Kbps.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2000

Universitas Gunadarma melakukan upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 1 Mbps, dan meluncurkan staffsite di http://staffsite.gunadarma.ac.id untuk setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma. Perlu memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policy. Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2002

Universitas Gunadarma melakukan upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 2 Mbps.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2003

Peluncuran situs career center di http://career.gunadarma.ac.id
Untuk pengelolaan data alumni dan pengembangan karir, Career Center Fitur layanan career center mencakup (1) basis data electronik- Alumni bisa mengakses dan mengupdate biodata atau profilnya melalui internet; (2) Electronic job maching – Perusahaan bisa memiliki account dan mengisi profil usahanya serta mengirimkan lowongan kerja yang bisa diakses oleh alumni Universitas Gunadarma; (3) E-Magazine – Media pembelajaran dan sharing pengalaman antar alumni yang rubriknya meliputi tips and trick, technology update, cerita sukses alumni, konsultasi; serta (4) Electronic tracer study – Salah satu metode untuk mengetahui kompetensi alumni di dunia kerja sekaligus memperoleh umpan balik untuk perbaikan kurikulum. Berbentuk kuisoner elektronik yang diisi oleh alumni dan perusahan pengguna alumni Gunadarma

Peluncuran situs perpustakaan & digital library di http://library.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma menyediakan situs Perpustakaan selain ditujukan secara khusus untuk anggota perpustakaan Universitas Gunadarma, juga secara umum ditujukan untuk masyarakat pada umumnya. Layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuannya.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2004

Universitas Gunadarma melakukan pemasangan backbone Fiber Optics di tiga lokasi kampus yaitu Kampus D, Kampus E, dan Kampus G.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2005

Universitas Gunadarma meningkatan bandwidth internet dari 2 Mbps menjadi 16 Mbps Pemasangan fixed wireless antar kampus.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2006

Universitas Gunadarma melakukan pemasangan fasilitas WiFi pertama Universitas Gunadarma tergabung dalam jaringan Indonesian Higher Education Network (INHERENT) dengan bandwidth 1 Mbps. Pemasangan fasilitas Video Confference yang didanai dari proyek INHERENT .


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2007

Universitas Gunadarma menambahkan fasilitas WiFi menjadi 20 titik Penambahan kapasitas bandwidth dari 16 Mbps menjadi 26 Mbps Pemasangan Internet broadband di kampus Simatupang dengan bandwidth 2 Mbps.

Peluncuran Studentsite di http://studentsite.gunadarma.ac.id
Studentsite dengan kapasitas virtual locker setiap mahasiswa sebesar 100 Mb. Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma wajib menggunakan digital locker- yang disebut situs studentsite, untuk mengakses layanan informasi dan pembelajaran secara elektronik. User ID dan password dari studentsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policy. Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui (a) informasi jadwal kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center.

Peluncuran repository system di http://repository.gunadarma.ac.id
Repository system merupakan sistem penyimpanan produk teknologi, kegiatan ilmiah, dan hasil penelitian yang berbasis web. Sistem tersebut dikembangkan dengan pendanaan dari Program Hibah Kompetisi (PHK) TIK K1 pada tahun 2007. Sistem tersebut selanjutnya dikembangkan dan dikelola oleh Research Information Center, yang berada di bawah BAPSI dengan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian Universitas.

Peluncuran e-learning system di http://elearning.gunadarma.ac.id
E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas (dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif). Pemanfaatan e-learning akan memberikan manfaat pada peningkatan daya kognitif mahasiswa dalam memahami konsep materi ajar. Semakin banyak fasilitas e-learning yang disediakan maka semakin besar kemungkinan mahasiswa dapat memahami konsep materi ajar yang lebih cepat dan efektif. Materi e-learning terdiri dari CD Interaktif, maupun virtual class (yaitu pembelajaran secara online melalui Internet) serta electronic journal. Penerapan E-learning dalam proses belajar-mengajar di Universitas Gunadarma merupakan salah satu tugas dari E-Learning Center, yang mulai aktif sebagai unit baru mulai 25 Maret 2007, pada akhirnya pada tanggal 28 Oktober 2010 , Universitas Gunadarma memperoleh penghargaan sebagai juara ke 3 e-Learning 2010 untuk kategori Perguruan Tinggi pada kegiatan Festival e-Pendidikan 2010 yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan Nasional (PUSTEKOM-DEPDIKNAS).

Fasilitas I-Lounge
Penyediaan fasilitas Internet Lounge di 3 lokasi kampus, Bagi mahasiswa yang tidak memiliki / membawa notebook, Universitas Gunadarma menyediakan satu ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara gratis untuk dapat mengakses internet yang dikenal dengan sebutan Internet Lounge.



FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2008

Universitas Gunadarma meluncurkan desain baru website Universitas Gunadarma beserta subdomain pendukung lainnya Penambahan bandwidth Internet dari 26 Mbps menjadi 30 Mbps Penambahan fasilitas WiFi menjadi 70 titik di semua lokasi kampus Peluncuran beberapa layanan informasi akademik berbasis web yang
meliputi:

UG Open Courseware di http://ocw.gunadarma.ac.id
UG Open CourseWare merupakan salah satu fasilitas web seperti perpustakaan dengan media online yang mudah di akses. Banyak sekali fitur-fitur yang ada di dalam nya. Layanan ini memberikan informasi tentang gunadarma, syarat-syarat masuk ke UG, skill yang akan diterima oleh mahasiswa/i sesuai dengan jurusan nya masing-masing, layanan ini juga memberikan informasi tentang mata kuliah-mata kuliah sampai kita lulus . UG Open CourseWare juga memberikan fasilitas menu feedback yaitu dimana kita bisa memberikan komentar tentang layanan fitur ini . Adapun kelebihan dari UG Open CourseWare yaitu terdapat menu layanan help yang dimana kita bisa mengetahui tentang fitur ini lebih lengkapnya , fitur ini juga menggunakan Bahasa Internasional atau Bahasa Inggris, jadi sudah ada kemajuan dalam Bahasa.

Peluncuran UG News di http://ugnews.gunadarma.ac.id
UG NEWS merupakan fasilitas untuk mengetahui berita-berita seputar Gunadarma khususnya. Website ini merupakan versi online dari tabloid Universitas Gunadarma yang terbit setiap tanggal 5 dan 20. UG News juga sangat bermanfaat untuk para mahasiswa Gunadarma untuk mengetahui berita-berita yang ada pada situs ini. Didalam UG News terdapat fasilitas-fasilitas yang mempermudah para pembaca yaitu para mahasiswa untuk memilih apa yang akan dibaca olehnya ataupun berita apa yang dicari apalagi lebih praktis karena bisa melihat juga berita-berita yang ada di Gunadarma secara per Fakultas. Di UG News terdapat banyak sekali hal-hal yng dapat kita dapat contohnya adalah berita “Sidang terbuka program DoctorTeknologi Informasi yang telah menghasilkan 31 doctor”. Selain adanya berita seperti diatas ada juga fasilitas lainnya seperti: aktivitas, arsitektur, artikel, berita, novel, cerpen, motivasi, dan ada lagi yang lainnya yaitu seperti, resensi buku dan yang lainnya. Di dalam UG News ini juga kita mengetahui alumni-alumni yang sudah lulus dari Gunadarma. Kelebihan dari website ini suydah tertera di atas yaitu UG NEWS memberikan banyak informasi yangmemudahkan para mahasiswa untuk melihat berita-berita seputar Gunadarma. Menurut saya UG NEWS ini hampir dari semua sudut sudah lengkap ,tapi mungkin kadang-kadang berita yang ada di UG NEWS ini kurang cepat dalam hal mengupdate sebuh berita.

UG Community di http://community.gunadarma.ac.id
UG Community merupakan layanan yang disediakan bagi mahasiswa, staff, alumni, dan pemerhati Universitas Gunadarma yang memiliki kesamaan identitas, ingin berbagi, peduli dan partisipasi serta adanya minat yang sama untuk membentuk suatu forum, menulis blog, menampilkan dan berbagi photo, video, dan musik, dan sebagai sarana komunikasi antar sesama anggota komunitas.


FASILITAS TIK GUNADARMA TAHUN 2009 – SEKARANG

Fasilitas UG HotZone
Diluar pengajaran formal (di dalam ruang kuliah & laboratorium) dikembangkan pula lingkungan yang kondusif untuk mengairahkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen. Di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone. UG Hotzone yang terdapat di 70 titik yang tersebar di berbagai lokasi kampus yang diperuntukkan bagi seluruh sivitas akademika. Hal ini memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma mengakses internet di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki notebook, handphone, PDA yang sudah fasilitas WiFi. Terutama untuk setiap mahasiswa Universitas Gunadarma, mulai dari awal masuk sebagai mahasiswa baru telah diberikan fasilitas untuk aktifasi studentsite yang dapat dimanfaatkan untuk menggunakan hotzone di lingkungan Universitas Gunadarma.

Fasilitas Integrated Laboratory
Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB adalah laboratorium komputer dengan konsep baru yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma. Konsep ini mengacu pada kemandirian Praktikan, sehingga diharapkan setiap Praktikan memiliki tanggung jawab pada diri sendiri serta lebih dewasa dalam bersikap dan berperilaku dalam praktikum. Praktikan tidak selalu didampingi Asisten Laboratorium, dan untuk praktikum berikutnya dapat memilih jadwal yang kosong, merupakan contoh kemandirian yang harus dijalani Praktikan di I-Lab. Namun demikian, ada konsekuensi yang harus dijalani Praktikan agar kelak dapat dinyatakan lulus dalam mengikuti kegiatan praktikumnya.

UG One-Click dan UG in Your Hand
Perkembangan fasilitas TIK pada Universitas Gunadarma yang terbaru yaitu peluncuran fasilitas baru “UG One-Click” yang bekerja sama dengan Mobile-8 dan Jatis Mobile. Fasilitas baru tersebut baru diimplemetasikan untuk Kelas 1. Fasilitas “UG One-Click” dapat diakses dari Handphone khusus yang dibagikan kepada mahasiswa baru. Beberapa layanan yang dapat diakses adalah aktivasi studentsite, daftar seminar, rangkuman nilai, jadwal kuliah, jadwal ujian, informasi seminar/workshop, dll. Fasilitas khusus pada “UG One-Click” adalah system absensi perkuliahan dengan menggunakan pesawat handphone yang dirancang khusus dengan dukungan beberapa vendor dan provider di bidang mobile technology. Pengembangan lebih lanjut dari “UG One-Click” adalah “UG in Your Hand” berbasis Java Application yang dapat diakses secara mobile. Peluncuran secara resmi fasilitas terbaru tersebut diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Talk Show, Lomba Kreatifitas, dan Sosialisasi UG One-Click kepada mahasiswa dan dosen wali.

Demikian sekiranya artikel mengenai perkembangan fasilitas TIK yang ada di Universitas Gunadarma, semoga dapat memberikan kesan yang positip kepada teman-teman, sehingga tertarik dan bergabung bersama saya belajar di Universitas yang saat ini menduduki peringkat 5 di webometrics dalam Universitas Di Indonesia.


Saya Fauzi Online :
http://14109359.student.gunadarma.ac.id
Mengucapkan selamat ulang tahun ke 30 kampusku tercinta
Universitas Gunadarma

I Perhaps You Always Colouring Global Future.

19 comments:

  1. PERTAMAXXXX... hehehehe Maju terus Ji... semangat!
    Gw DUKUNG DAH...

    ReplyDelete
  2. wahahah keren juga ji kampus kita perkembangannya. lebih ditingkatkan lagi ji fasilitas2 yang ada dikampus biar lebih maju lagi & tidak kalah saing.....

    ReplyDelete
  3. Mantap nih Kampus kamu Ji.. ^_^

    ReplyDelete
  4. bangga sama perkembangan Gunadarma.
    cie cie..
    thanks for the info, uji :)

    ReplyDelete
  5. anak gundar juga nih ternyata??? hahaha
    sip sip Wish Gundar All The Best!! Amien

    ReplyDelete
  6. semoga kampus gundar tambah maju

    ReplyDelete
  7. Thanks yah teman-teman hehehe :i:

    ReplyDelete
  8. mantaap blog nya Agan rame juga yaa :d:


    lam kenal gan :D

    ReplyDelete
  9. Mantabs... Maju teruss gundar!!! hehehe
    Keep Writing uji..

    ReplyDelete
  10. maju terus mas,, sukses buat kampus gunadarma

    ReplyDelete
  11. anak funadarma ya mas ?
    follow back yaa :)

    ReplyDelete
  12. ane jga bangga agan senior! haha.. 1 universitas.. follback blog ane juga ya!

    ReplyDelete
  13. Ane alumni Gundar, sekarang job di Unas, lengkap banget yach Gundar zaman sekarang, maju terus ...

    ReplyDelete