Komunikasi Kampus

Pada dasarnya Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibatdalam komunikasi adalah manusia. Komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain. Sama seperti halnya Seorang Mahasiswa dikampus Gunadarma. Sebagai contoh sebuah Organisasi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) menggunakan berbagai macam komunikasi baik untuk mempromosikan untuk perekrutan anggota baru maupun acara UKM-UKM nya agar dapat terupdate secara cepat. Dalam kehidupan organisasi proses komunikasi dibagi menjadi dua yaitu:
Proses Komunikasi Secara Primer
Merupakan proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol)sebagai media. Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi adalahpesan verbal (bahasa), dan pesan nonverbal (kial/gesture, isyarat, gambar, warna,dan lain sebagainya) yang secara langsung dapat/mampu menerjemahkan pikirandan atau perasaan komunikator kepada komunikan.

Komunikasi berlangsung apabila terjadi kesamaan makna dalam pesan yangditerima oleh komunikan. Dengan kata lain , komunikasi adalah proses membuatpesan yang setala bagi komunikator dan komunikan. Prosesnya sebagai berikut,pertama-tama komunikator menyandi (encode) pesan yang akan disampaikandisampaikan kepada komunikan. Ini berarti komunikator memformulasikan pikiran dan atau perasaannya ke dalam lambang (bahasa) yang diperkirakan akandimengerti oleh komunikan. Kemudian giliran komunikan untuk menterjemahkan(decode) pesan dari komunikator. Ini berarti ia menafsirkan lambang yangmengandung pikiran dan atau perasaan komunikator tadi dalam kontekspengertian. Yang penting dalam proses penyandian (coding) adalah komunikatordapat menyandi dan komunikan dapat menerjemahkan sandi tersebut (terdapat kesamaan makna).

Sebagai contoh seorang mahasiswa ingin berbincang-bincang mengenai perkembangan valuta asing dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Bagi si A tentunya akanlebih mudah dan lancar apabila pembicaraan mengenai hal tersebut dilakukan. Dengan si B yang juga sama-sama mahasiswa. Seandainya si A tersebutmembicarakan hal tersebut dengan si C, sorang pemuda desa tamatan SD tentunya proses komunikaasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya seperti yang diharapkan si A. Karena antara si A dan si C terdapat perbedaan yang menyangkut tingkat pengetahuan, pengalaman, budaya, orientasi dan mungkin juga kepentingannya. Contoh tersebut dapat memberikan gambaran bahwa proses komunikasi akan berjalan baik atau mudah apabila di antara pelaku (sumber dan penerima) relatif sama. Artinya apabila kita ingin berkomunikasi dengan baik dengan seseorang, maka kita harus mengolah dan menyampaikan pesan dalam bahasa dan cara-cara yang sesuai dengan tingkat pengetahuan, pengalaman,

Proses Komunikasi Sekunder
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.

Seorang komunikator menggunakan media ke dua dalam menyampaikan komunikasi karena komunikan sebagai sasaran berada di tempat yang relatif jauh atau jumlahnya banyak. Surat, telepon, teleks, surat kabar, majalah, radio,televisi, film, dsb adalah media kedua yang sering digunakan dalam komunikasi. Proses komunikasi secara sekunder itu menggunakan media yang dapat diklasifikasikan sebagai media massa (surat kabar, televisi, radio, dsb.) dan media nirmassa (telepon, surat, dsb.)

Berikut ini salah satu bentuk proses komunikasi sekunder di kampus Gunadarma:

STUDENTSITE
Studentsite merupakan wahana komunikasi antara dosen pengajar dengan mahasiswa, sehingga mahasiswa Gunadarma dapat menerima dan mengirim tugas melalui acount Studentsite masing-masing.


BAAK
Dengan baak.gunadarma.ac.id pihak management baak dalam kampus dapat berkomunikasi dengan seluruh mahasiswa di jaringan internet , sehingga dapat menginformasikan menyangkut seputar kampus seperti kalender akademik, jadwal perkuliahan, daftar kelas baru bagi mahasiswa baru dan lain lain.



UG CAREER CENTER>
Tidak hanya mahasiswa aktif dalam kampus gunadarma, namun mahasiswa yang sudah tidak aktif atau lulusan gunadarma, juga masih bisa menikmati layanan komunikasi dalam kampus, begitu pula dalam pihak kampus dengan mudah berkomunikasi pada lulusan mahasiswa kampus untuk memberi informasi lowongan atau karir di situs UG Career Center.



VIRTUAL CLASS
Mata Kuliah Vclass atau virtual class dimana satu matkul tersebut dalam 1 semester antara mahasiswa dan dosen pengajar tidak tatap muka dalam kelas, namun antara mahasiswa dan dosen pengajar akan berkomunikasi dengan sebuah situs yaitu vclass, sehingga dosen pengajar dengan mudah memberikan materi beserta latihan pretese, posttest untuk mendapatkan nilai pada semester tersebut. Dengan cara media online dosen dan mahasiswa saling bertukar pikiran pula dengan layanan forum diskusi di dalam situs ini.



UG COMMUNITY
Adanya beberapa kampus yang tersebar dinaungan almamater Gunadarma seperti kalimalang, salemba, depok, cengkareng mahasiswa Gunadarma menyediakan suatu situs jejaring sosial yang sedang booming di dunia maya saat ini yaitu dengan adanya UG Communtiy semua mahasiswa maupun dari luar mahasiswa Gunadarma dapat berteman maupun berkomunikasi bebas melalui situs ini, sehingga dengan adanya komunikasi antar mahasiswa dimanapun terjalinlah ikatan silaturahmi antar warga kampus.



AKADEMIK SITE
Untuk memperkenalkan sebuah visi misi masing-masing jurusan yang ada di Gunadarma, juga melakukan komunikasi di antaranya membangun sebuah website jurusan untuk memperkenalkan baik bagi mahasiswa baru maupun calon mahasiswa baru yang berminat untuk bergabung menuntut ilmu sesuai dengan bakat yang dimiliki.



UG NEWS
Media massa majalah UG NEWS juga disediakan dari kampus Gunadarma, selain itu berita yang di dalamnya juga dapat diakses melalui media internet, dengan adanya UG News ini mahasiswa tidak perlu khawatir untuk ketinggalan informasi mengenai kampus Gunadarma, selain itu dari pihak kampus juga semakin mudah untuk melakukan komunikasi dengan para mahasiswanya mengenai informasi prestasi maupun kabar kampus Gunadarma sendiri.



Jenis-jenis komunikasi di atas yang telah saya jelaskan merupakan proses komunikasi sekunder dimana penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama, dikarenakan Gunadarma kampus yang berbasiskan atau awal mula dari ilmu komputer, sehingga komunikasi dalam kampus ini melalui media website atau berbasis media internet.

Demikianlah tulisan kali ini, semoga menambah pengetahuan dari diri saya maupun pembaca lainnya mengenai komunikasi, sehingga menambah jalinan silaturahmi yaitu tujuan utama dari sebuah komunikasi anatar mahluk sosial khususnya di dalam kampus kita tercinta yaitu kampus Gunadarma.

0 comments:

Post a Comment