Komputer Vs Manusia

Ehm ehm manusia sama komputer pinter mana sih?? yaya suatu saat, teman-teman mungkin diperbudak oleh Skynet atau disandera oleh RoboCop. Namun, sebelum saat itu tiba, ternyata komputer masih kebingungan mengenali beragam hal, seperti guyonan atau suatu objek.
Mungkin, secara tidak sadar teman-teman berpikir bahwa komputer, saat ini, lebih baik daripada manusia. Komputer bisa menghitung akar 1109 dibagi 98,33 hanya dalam beberapa detik saja. Tapi, pada kesempatan kali ini, fauzi online akan sedikit memberikan 10 hal yang membuat komputer masih tidak lebih baik daripada manusia. BUKTIKAN di sini


1. Menguasai Situasi Darurat
Auto Pilot memang canggih, tetapi belum tentu sempurna. Setelah pesawat tidak berfungsi karena terjadi kesalahan sistem atau faktor ketidakberuntungan, instrument landing system harus disesuaikan baru pilot bisa menggunakannya kembali.

2. Berkomunikasi Dengan Manusia
Turing-Test merupakan pengujian manusia berkomunikasi melaui PC dengan manusia lain dan mesin. Dari sini, tester kemudian menentukan lawan bicara mana yang merupakan mesin. Selama ini, tidak ada komputer yang dapat "berpura-pura" sebagai manusia.

3. Mendeteksi Kebohongan
Bagi para penjahat, detektor digunakan untuk dapat mendeteksi kebohongan secara lebih baik daripada manusia itu sendiri. Namun, masih ada masalah kecil. Ilmuwan telah menunjukkan bahwa detektor kebohongan belum berfungsi secara sempurna.

4. Mengedit Gambar Yang Tidak Diharapkan Dengan Baik
Sebuah pendeteksi wajah dapat menyelesaikan tugasnya hampir 99 persen. Namun, pendeteksi ini tidak bisa mengedit hal-hal yang tidak diharapkan, misalnya apel di depan kamera.

5. Berpikir!
"Pada tahun 2020 nanti, otak manusia sudah bisa di-copy," ungkap Henry Markram, kepala proyek Blue Brain. Proyek ini bakal menciptakan otak buatan yang benar-benar dapat berfungsi seperti otak manusia.

6. Berbohong
Polaris merupakan sebuah program poker buatan University of Alberta yang hampir sempurna. Pada tahun 2008, program ini melawan 6 orang dan memperoleh 3 kemenangan, dua kalah, dan satu remis. Namun, jenis poker yang dimainkan masih sederhana dan hampir tanpa bluffing.

7. Mengungkap Perasaan dan Memahami
Usaha yang paling berhasil pernah dilakukan oleh sebuah robot yang bernama Kismet. Namun, robot ini tidak bisa menggantikan manusia karena hanya mensimulasikan perasaan dan tidak memiliki insting.

8. Bertindak Mandiri
Adam, sebuah robot dari University of Wales, bisa melakukan tugas-tugas ilmiah dengan mengembangkan tesis dari percobaan yang dilakukan pada DNA jamur. Namun, robot ini tidak bisa melakukan tugasnya secara mandiri.

9. Menjadi Kreatif
Program seperti Impro-Visor memiliki kemampuan untuk memproduksi musik. Namun, kemampuan tersebut dibekali dengan database yang dibuat oleh manusia.

10. Menilai Kualitas
Oke, kita tahu bahwa banyolan sebuah grup lawak sangat lucu. Class, sebuah proyek penelitian bersama dari 8 tim asal Eropa, dapat merekam video komedi, mengeditnya, dan merangkumnya menjadi teks. Apakah video itu benar-benar lucu? Tentu saja Class tidak mengetahuinya.

Okey dweeh.. silahkan teman-teman simpulkan sendiri mana yang terbaik? Ciptaan ALLAH SWT yakni kita sebagai manusia atau ciptaan manusia sikompi yg ada didepan teman-teman sekarang.. ^__^ Cu.. next Fauzi Online Posting..

0 comments:

Post a Comment