PROGRAM SEDERHANA COBOL

Minggu pertama telah terlewati saatnya tugas-tugas tugas.. ckckck, di postingan Fauzi kali ini kita membahas tuntas tentang gimana sih buat program sederhana di cobol? OK di fauzi online, teman-teman dan saya kaan belajar lebih lanjut tentang pemrograman ini. Semangaaaaaaaaat!!! hehe
Langkah Pertama Ketik Coding Program Berikut di IDE COBOL teman-teman:


(Ingat aturan penulisan Kolom di cobol yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya)

Langkah berikutnya Compile dan Run program Caranya:
Pilih Taskbar Compile , kemudian pilih Compile , atau dengan menekan tombol Shortcut F8. Setelah proses Compile selesai, Program Siap dijalankan tau RUN dengan cara Pilih Taskbar Compile kemudian pilih Run, atau dengan menekan tombol Shortcut F9. Jika Telah Di compile layar cobol akan tampil tampilan sbb:



DAN AKHIRNYA ENG ING ENG.. Inilah Outputnya:



PENJELASAN Program:

IDENTIFICATION DIVISION
Adalah merupakan divisi yang pertama dalam program COBOL dan yang paling sederhana. Pada divisi ini berisi keterangan mengenai AUTHOR (nama programmer), AUTHOR pada program ini adalah AKHMAD_FAUZI. Sedangkan PROGRAM-ID. 14109359 menjelaskan Program apa yang sedang dijalankan, disini Program yang digunakan adalah 14109359 atau no NPM. (Ditulis pada Area A atau Kolom 8)

ENVIRONMENT DIVISION
Adalah dalam program cobol sebagai divisi ke-2. Berisi dokumentasi informasi mengenai peralatan yang dipergunakan. (Ditulis pada Area A atau Kolom 8)

DATA DIVISON
Divisi ini menjelaskan tentang input & output data yang digunakan serta semua keterangan tentang file, record, nama data serta bentuk format yg akan digunakan dalam PROCEDURE DIVISION. (Ditulis pada Area A atau Kolom 8)

WORKING-STORAGE SECTION.
Merupakan section yang berisi tentang record-description-entri yaitu penjelasan tentang record program yang digunakan . (Ditulis pada Area A atau Kolom 8) namun saat pemesanan record untuk variable yg dibutuhkan variable harus ditulis pada Area B atau Kolom 12.

PROCEDURE DIVISION
Merupakan gambaran logika yg digunakan untuk menyelesaikan masalah, sehingga divisi ini merupakan inti dari program COBOL. Di dalam PROCEDURE DIVISION dalam program di atas terdapat keterangan :
MULAI. Artinya merupakan nama User DefinedWord untuk menandakan awalan paragraph.
DISPLAY ’********’. Artinya menampilkan karakter * yang diapit tanda (’) pada layar.
DISPLAY 'Tugas Buat Program Sederhana Cobol'. Artinya menampilkan tulisan Tugas Buat Program Sederhana Cobol pada layar.
DISPLAY (05,01)'Silahkan Masukan Nama Panggilan: '.Artinya menampilkan tulisan ”Silahkan Masukan Nama Panggilan:” pada layar,dengan letak posisi tulisan baris ke5 dan kolom ke1
ACCEPT NICKNAME. Artinya User diminta untuk menginput nilai berupa string yang akan disimpan pada variable NICKNAME.
DISPLAY (06,01)’Silahkan Kak ’,NICKNAME,’ Masukan NPM nya: ’. Artinya menampilkan tulisan ”Silahkan Kak” dan isi nilai dari variable NICKNAME yang telah diinput yang akan disambung dengan tulisan ”Masukan NPM nya” pada layar, dengan letak posisi tulisan baris ke 6 dan kolom ke 1.
ACCEPT NPM. Artinya User harus diminta untuk menginput nilai berupa string yang akan disimpan pada variable NPM.
SELESAI. Artinya merupakan nama User Defined Word untuk menandakan awalan paragraph AWAL telah berakhir atau telah selesai
STOP RUN. Artinya Untuk memberhentikan Program

Nb:
Statement-statement yang ada di dalam procedure division di atas harus ditulis pada Area B atau Kolom 12, kecuali Mulai. dan Selesai. yang dituliskan pada Area A atau Kolom 8.

Huaaaahm.. ngantuk niih.. habis lembur coding enaknya ya tidur dulu deh.. hehehe
Ok Ok! jangan lupa ninggalin upil comentarnya yah? hehe.. Kita ketemu lagi di sesi berikutnya: R Programming.. bye

3 comments:

  1. saya boleh minta software cobolnya gak?
    bisa dikirim lewat email,saya lg butuh banget.
    gmn? yiska
    thanks.

    ReplyDelete
  2. canggih bro, thanks :)

    ReplyDelete
  3. KK BAGI PROGRM NAH DONGK TRS AKU DAH COMPILE PAS DI RUN KEBUKA SEBENTAR TRS LANGSUNG ILANG

    ReplyDelete