Kampung Vs Perumahan

apa sih perbedaan antara kehidupan perkampungan dengan perumahan komplek di kehidupan bermasyarakat. Apa iya seperti bumi dan langit yang sangat jauh perbedaannya?

Di dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di daerah kampung sering kita jumpai adanya keterikatan dan kesenjangan sosial yang sangatlah jarang kenapa yah? bisa disebabkan beberapa faktor yakni seperti adanya kehidupan yang sejahtera damai dan tenteram antara warga kampun tersebut, tidak sedikit di daerah perkampungan kita jumpai adanya beberapa aktivitas pemuda pemudi (karang taruna dsb) yang sangatlah eksis di RT masing-masing, hal inilah penyebab kerukunan antar warga dapat terjalin dengan erat.

Dan ada apa dengan Perumahan Komplek? apa iya kehidupannya tidak seindah perkampungan. Wah.. bukannya indah namun pandangan fauzi mengatakan, adanya keterbatasan waktu maupun kesibukan warga perumahan lah yang menyebabkan kurangnya terjalin hubungan sosial antar tetangga itu saling komunikasi maupun menjalin suatu aktivitas seperti karangtaruna di perkampungan, selain keterbatasan waktu dan kesibukan warga komplek mungkin karena adanya perilaku negatif yang sering dapat kita lihat dimanapun perumahan komplek itu terbangun, sebagai contoh nih:Keluarga ibu "X" baru membeli motor baru, dan tidak sengaja maupun sengaja ternyata keluarga ibu "Z" mengetahui adanya tetangganya itu membeli barang baru dan mewah, dan setelah 2 hari berlalu ternyata dalam blok rumah ibu "X" ada yang membeli barang baru serupa yang lebih mewah dan tak kalah bagusnya. Yap!! sifat iri inilah yang sering fauzi amati dalam kehidupan perumahan komplek, adanya kesenjangan sosial yang tidak mau tahu antar warga, namun tidak mau kalah juga mempertunjukan mana yang paling kaya dan mana yang paling mewah di daerah kompleknya.

Namun dalam kesimpulannya, sebenarnya tidak terpengaruh entah itu perumahan maupun perkampungan! semua memang kembali dari diri kita masing-masing. apa itu sikap kehidupan sosial yang benar atau salah? dan juga kita perlu didukung adanya situasi yang kondusif untuk membangun adanya kerukunan antar warga, baik itu di Kampung maupun di Perumahan. Ok mohon komentarnya yah teman-teman. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment