Robot Pengganti manusia

Di tahun era berbasis IT saat ini memang semuanya tidak ada kata mustahil, di awali sebuah keinginan dan obsesi yang tidak pernah puas dari manusia membuat teknologi terus berkembang, hingga suatu saat dijanjikan adanya komputer generasi kelima dan keenam dimana, proses awal era baru perobotan yang mempunyai perasaan pengganti pekerjaan manusia akan dimulai

Coba kita renungkan mahluk ciptaan tuhan adalah manusia sedangkan robot dibuat dengan pikiran manusia, dimana manusia ada yang baik dan juga ada yang jahat, sehingga nantinya tugas tugas robot pengganti manusia tersebut pasti mengikuti keinginan atau opsi dari pembuatnya. Dalam hal ini sebenarnya tergantung sebuah sifat manusia yang memanfaatkan sebuah kecanggihan teknologi apakah berpikir untuk kedepan dan membuat hal yang lebih bermanfaat untuk kehidupan dunia atau hanya semata untuk kepentingan diri sendiri.

Sebuah kecanggihan untuk era robot di masa yang akan datang telah banyak yang menunggu bahwa robot akan menggantikan semua pekerjaan yang dilakukan manusia, Jika saat ini di jepang ada robot perawat bayi, yang dapat mengeluarkan suara serta membuatkan sebuah susu yang telah diprogram sebelumnya oleh kemajuan dunia komputerisasi, Itu salah satu contoh sedikit dari kemajuan teknologi yang akan terus lahir dimasa depan, untuk pekerjaan yang lain seperti halnya dosen, penjahit, petani, apakah iya akan digantikan oleh seorang robot juga? Kita tunggu saja apa yang akan terjadi di era masa depan, kata mungkin dalam dunia IT digantikan dengan pasti dapat terwujud jika mereka telah mempunyai sebuah motivasi besar beserta ilmu teknologi perkembangannya yang baru, di jaman sekarang.

Namun apakah mungkin juga ada robot untuk pengganti Penjahat, seperti perampok, pencuri, atau copet dimasa yang akan datang. Allahualam, bukan berarti fauzi di sini terlalu banyak menonton film anak-anak yang menampikan sebuah kejahatan dan berhasil dibasmi oleh sebuah hero seperti Power ranger atau yang lainnya!hehe, Tapi ini adalah kenyataan yang sepatutnya kita sadar untuk kehidupan masa depan seiring kemajuan teknologi komputerisasi sekarang. Alangkah damai jika sebuah pakar-pakar IT seluruh dunia untuk membuat kesepakatan dalam pembuatan robot pengganti manusia di masa depan. Misalnya rancangan peraturan dunia perobotan era abad 22:
PERTAMA
Dilarang keras menggunakan chip perasaan robot yang mempunyai tujuan untuk kriminalitas karena melanggar hukum
KEDUA
Dilarang keras memanfaatkan dunia perobotan yang berhubungan dengan SARA, Pornografi, tindakan mencela, tidak terpuji, dan yang merugikan manusia lain yang sepatutnya tidak dilakukan layaknya seorang kehidupan manusia.

Dua rancangan peraturan yang sangat wajar namun jika ditinggalkan akan berakibat ketidakseimbangan antara kehidupan manusia dan robot di masa akan datang,
Saat ini memang masih belum terjadi, karena sistem kinerja robot masih di Indonesia khususnya jarang kita lihat, bahkan hanya pabrik-pabrik tertentu dan berbasis teknologi mutahir yang menggunakan tenaga rakitan atau mesin perakit yang menggunakan sistem dasar robot di masa sekarang.

Masa depan dunia robot pengganti manusia siap dimulai dari dulu, dan efek-efek yang mendasar telah kita rasakan dimulai sekarang seperti:]
PERTAMA
Kurangnya lapangan pekerjaan, karena semua sudah digantikan oleh robot pengganti pekerjaan manusia
KEDUA
Menjadikan suatu negara tertinggal akan menjadi lebih tertinggal karena SDM yang berbeda dan pemikiran yang logis dan ingin lebih cepat dan maju dari sebelumnya
KETIGA
Dengan adanya sistem robot dalam kehidupan manusia, kehidupan ini akan jauh lebih cepat dari sebelumnya, karena sebuah robot hanya memerlukan satu dua jam untuk istirahat dalam melakukan pekerjaannya.
KEEMPAT
Lebih tidak ekonomis jika robot melakukan kesalahan dibanding manusia yang melakukan kesalahan, misalnya ada kesalahan pada sistem robot apakah sebuah pabrik atau perusahaan tersebut akan mendapat ganti rugi dari sebuah robot yang sebenarnya buatan manusia itu juga.
KELIMA
Namun dirasakan lebih efektif juga, karena sebuah robot pengganti manusia akan dirasakan bermanfaat di saat kita mendapat sebuah multitasking sekaligus dalam suatu hari, sehingga hanya sebuah kecepatan dan efektifitas waktulah yang kita perlukan dari sebuah robot pengganti pekerjaan manusia.

CONTOH ROBOT-ROBOT PENGGANTI MANUSIA YANG TELAH LAHIR SAAT INI










{JAKARTA - Robot hasil ciptaan para tim teknisi Honda, Asimo, kini semakin mirip dengan manusia. Selain mampu berjalan dan berlari, Asimo mampu menjadi asisten manusia. Bahkan membantu perawat rumah sakit membawakan obat pasien.}










{ROBOT AHLI OPERASI JANTUNG}











{ROBOT BABBY SISTER APRIPOKO}













{ROBOT BAYI DI JEPANG}

>>Sumber Gambar-Gambar Di atas Dikutip Pada Tanggal 11 Okober Pukul 11.38 Wib<< >>Di aormybyte24.100webspace.net dan ecaknyo.blogspot.com

Kesimpulan dari artikel fauzi di atas adalah Suatu realita yang seharusnya kita sadari dari awal, dan mulai lah berpikir untuk masa depan, kapan kita sebenarnya memerlukan sebuah kecanggihan sebuah IT dan kapan sebaiknya kita sebagai manusia membiasakan tidak memanjakan organ-organ tubuh kita yang hanya menggantungkan kecanggihan sebuah robot yang akan lahir di masa depan, dengan bersikap alami dan sewajarnya. Sebuah norma dan pedoman di atas mengenai dunia IT perobotan yang harus dengan cepat kita sadari dan pahami.

Sekian maju terus dunia IT dan perobotan Indonesia, Untuk yang ingin menambahkan komentar, isi , saran dengan senang hati dipersilahkan untuk mengisi komentar dibawah ini.OK, Cu next time…

5 comments:

  1. Nice Post!!

    tapi ciptaan manusia pasti ada kekurangannya...

    untuk beberapa kasus, ada hal yang tidak bisa digantikan oleh robot..


    Hilman_

    ReplyDelete
  2. thanks temaan!! bener tuuh ngga akan ada sesempurna ciptaan Tuhan YME.. Allahuakbar!

    ReplyDelete
  3. buset deh,,,, ga bisa dong.. gimanapun juga yg nyiptain itu ga boleh di gantikan.!
    yg nyiptain berarti atasan donk, atasan berarti majikan, dan bawahan ga bisa menggantikan majikannya selama majikan itu masih hidup.
    jd ga bisa, lagian robot.. ga bisa beranak,bisa karatan.. pasti ga bertahan lama..saya jamin.
    walaupun sudah ditemukan berbagai hal penelitian sekalipun.

    ReplyDelete
  4. Hanya saja kalo robot di jadikan pengganti akan banyak masalah terjadi, robot di program menggunakan oleh bahasa pemrograman tertentu, dan bagaimanapun namanya juga sebuah algoritma bisa di tembus oleh virus, nah kalo ada orang yang iseng atau jahat yang mencoding ulang supaya robot tersebut menjadi jahat gimana ... ???

    ReplyDelete