Memahami Sifat atau Salah

Sebuah kesalahan berawal dari suatu sikap ataupun kata-kata... mulut adalah harimau mu... sebuah pepatah tua yang sangat amat besar makna nya.. Tuhan menciptakan tangan berjumlah dua dan mulut hanya satu, itulah sebabnya manusia dianjurkan untuk selalu giat menadahkan tangan dihadapan sang pencipta, namun juga diselingi dengan usaha dari si manusia tsb tentunya, dan sedikit mengeluarkan komentar maupun kata yang dapat menyakiti perasaan orang lain... Sebuah kata yang salah dan merasa menyakitkan bagi orang lain memang seharusnya cepat diselingi dengan kata khilaf dan kata MAAF dari manusia tersebut. Tapi tentunya dengan rasa IKHLAS DAN PENUH PENYESALAN, sehingga si penerima maaf percaya bahwa, orang tersebut pasti tidak akan mengulanginya lagi.
KESALAHAN ... sebuah masalah dari manusia yang kurang menyadari apa artinya sebuah nikmat anugrah yang telah diberikan sang pencipta... kesalahan yang disebabkan memang dari sifat manusia tersebut maupun memang kesalahan murni yang patut untuk dikhilafkan..

apa perbedaannya SIFAT DAN SALAH?

KESALAHAN DARI SIFAT merupakan kesalahan yang telah dilakukan oleh manusia tsb secara berulang kali dia lakukan, kepada siapapun kapanpun yang ada disekitarnya... sebuah kesalahan misalkan di sini kita beri contoh sebuah kata-kata yang sangat ringan namun berasa menyakitkan bagi si lawan bicara manusia tersebut. apakah itu salah?? YA ITU ADALAH SALAH! INGAT mulut adalah harimau mu.. sepandai-pandainya manusia berbicara di khalayak ramai, jagalah persaaan dari hati yang kamu ajak bicara... Kesalahan dari sifat sebenarnya tidak boleh kita salahkan secara menyeluruh kepada manusia tersebut, mengapa? karena sebuat sifat itu juga merupakan anugrah pencipta yang telah diberikan kepada manusia tersebut, yang memang secara dasar dari ia dididik di lingkungan sekitarnya dan sulit untuk diubahnya..
dan apakah kita pantas menyalahkan apa yang telah Allah swt anugrahkan? inilah yang kita ragukan kepada hati kita!!Memang Sebuah kesadaran dari diri sendiri adalah jalan terbaik dari pemikiran manusia yang mempunyai sifat ini.. dan PENYESALAN akan menjadi kunci untuk menuju KESADARAN HATI UNTUK KESALAHAN SIFAT tsb.

KESALAHAN MURNI DARI SALAH merupakan kesalahan yang dengan cepat manusia tersebut tanggap dan menyadari apa yang dia lakukan sebenarnya salah.. dan segera mengucapkan kata maaf dan khilafnya, kesimpulannya apapun kesalahan seseorang tsb, cobalah terima dengan ikhlas maafnya maupun khilaf yang telah manusia tersebut berikan kepada kita, Nabi Muhammad Saw telah memberi kita teladan, bahwa beliau tidak pernah membenci sesama manusia dengan hati apapun kecuali manusia tersebut telah berbuat kejahatan terhadap agama islam. sesama muslim itu saudara.

Bagaimana pula dengan kesalahan dari sifat seseorang, memang perlu adanya keikhlasan di sini, sebaiknya lapangkanlah hati kita untuk memahami dan mengetahui bahwa dalam jiwa manusia tersebut belum adanya kesadaran tentang menimbang antara baik buruknya suatu ucapan, apakah menyakitkan ataukah tidak. Dan alangkah MULIA NYA ORANG yang mau menerima sifat seseorang tersebut, hanya butuh pemahaman, keikhlasan, dan mungkin batas kewajaran untuk berhubungan dengan seseorang tersebut dengan tujuan untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat mengulangi perilaku sifat buruknya. Allah Saw pasti akan menunjukan hidayah atau jalan untuk mengubah sifat buruk dan perilakunnya suatu saat nanti. Dengan antara dua sifat yang berbeda memang butuh suatu pemahaman karakter, keikhlasan, dan beratus milyar kata "maaf dan memaafkan" diantaranya, jagalah kedamaian sesama muslim...karena ISLAM itu membenci suatu PERPECAHAN DIANTARA UMATNYA.

0 comments:

Post a Comment