Fungsi dan Manfaat Humor

Kelanjutan dari postingan sebelumnya, dan mirror dari Postingan: Manfaat Programmer Dapat Tertawa Perilaku tertawa secara universal dianggap sebagai sinyal emosi positif yang tidak terpengaruh oleh perilaku tiruan atau transisi budaya. "Anak-anak yang lahir tuli dan buta bisa tertawa dalam konteks yang sesuai meski tanpa mereka bisa melihat tawa dari orang lain atau belajar darinya," kata Legare.

fungsi dan manfaat tertawa
Fungsi dan Manfaat Tertawa
Sumber Gambar (http://google.co.id)
Disampaikan Legare bahwa fungsi utama humor dan tawa secara prinsip adalah untuk berkomunikasi. "Akan tetapi, hal itu tidak terjadi sampai evolusi bahasa membuat candaan verbal menjadi bagian dari proses sosialisasi. Candaan semacam itu tidak mungkin dilakukan bila kita tidak menguasai bahasa," ujar Legare yang dikutip Pyhsorg, Rabu (27/3/2013) lalu. Evolusi tawa dan candaan ditandai tiga pembeda adaptasi, yakni kemahiran teori of mind, evolusi bahasa, dan kemampuan mengenali keganjilan dalam pernyataan simbolik.

Legare menemukan, perilaku tertawa dan humor ternyata eksis pada setiap budaya dan waktu. Ia menyebutkan bahwa tawa diasosiasikan dengan perubahan kontraksi pada otot dan aktivasi otak. Berbagai studi menyatakan, tawa ditandai dengan keadaan rangsangan yang diikuti oleh keadaan yang santai. Dalam ilmu psikologi, tawa diartikan sebagai keadaan subyektif mengenai kesejahteraan. Akan tetapi, dalam kondisi tidak nyaman, kita pun masih bisa tertawa meski secara terpaksa.

Perbedaan tipe tawa ini, yang dalam ilmu saraf, dikenal dengan tawa Duchenne (tawa yang santai) dan non-Duchenne (tawa yang terpaksa). Menurut Legare, memahami tawa sebagai sebuah sinyal sangat krusial. "Perbedaan fungsi dan perilaku yang menjadi ciri dari kedua jenis tawa ini mengartikan bahwa keduanya memiliki sejarah evolusi masing-masing yang independen," paparnya.

Sekian semoga cuplikan berita di atas bermanfaat. Salam Fauzi Online.

0 comments:

Post a Comment