SISFO Dan TI Part 1

Saat pengembalian formulir pendaftaran bulan kemarin, sebelum resmi mejadi mahasiswa tentunya. Tak terpikirkan juga tugas seperti tugas Qbasic akan dapat saya peroleh namun juga Sempat terlintas sedikit kesulitan membedakan jurusan Sistem informasi dengan Teknik Informatika dan mana yang harus saya pilih di UG.Dari beberapa pertimbangan basic yang saya miliki, memang harusnya saya condong kepada Teknik Informatikakarena di SMK saya telah belajar ilmu coding (rekayasa perangkat lunak) yang sebagai dasar utama seorang jurusan teknik informatika tersebut namun hal sebab, saya akhirnya memantapkan jatuh hati untuk meminang jurusan sisfo (sistem informasi) menjadi bahan belajar utama saya di bangku perkuliahan yang akan datang. Pastinya, anda bingung akan alasan saya untuk memilih jurusan ini??
berikut penjelasan kurang lebih antara Sistem Informasi dengan Teknik Informatika:

Definisi berbeda dapat juga kita dapatkan dari wikipedia. Mari kita melihat definisi dari bung wiki.
Sistem Informasi :
Aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.

Teknik Informatika :
ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software)

Dari perbedaan di atas saya bisa sedikit menyimpulkan bagaimana anda memilih jurusan yang tepat artinya sesuai dengan hati nurani masa depan anda! misal sebagai contoh seorang pelajar yang hobby bermain di depan komputer minimal selama 11 jam sehari untuk merampungkan segala aktivitas gaming nya ditimbang mempersoalkan membantu bidang himpunan kemahasiswaan, pasti orang tersebut memilih jurusan TI sebagai pilihan jurusannya yang identik mempelajari bagaimana sih seorang HERO bs berubah SKILL dalam game tersebut? CODING nya ini lhoo!! nah, di sini adanya sebuah ketertarikan seseorang untuk utak atik sebuah code atau bahasa assembly untuk menjadi perantara hasrat manusia yang siap diubah menjadi aplikasi program yang dihasilkan oleh programmer.
contoh lain untuk Sistem Informasi sekarang yaitu watak sesorang yang mempunyai keinginan menjadi seorang pemimpin perusahaan, contoh bill gates, seseorang monopoliman yang tak punya kemampuan coding namun sekarang malah menjadi seorang pemimpin develop software terkenal sedunia!! yeap.. mungkin anda sedikit menemukan titik terang perbedaan pertama antara TI dan SI dari kutipan cerita bill gates.
Kalau kita mencoba memakai bahasa yang lebih gampang, Teknik Informatika mempelajari penggunaan/pemanfaatan dari komputer baik dari segi hardware maupun software. Penggunaan komputer ini hanya sebatas teknik saja.
Mari kita sekarang mencoba melihat dari Sistem Informasi. Sistem Informasi menciptakan aplikasi komputer yang mendukung organisasi (misal microsoft corp, yg menjadi contoh saya di atas) baik dari operasi dan instalasi software serta hardware.
Lantas, apa pekerjaan nantinya yang bisa untuk Teknik Informatika dan Sistem Informasi?

Teknik Informatika, contoh : Programmer

Sistem Informasi, contoh : System Analyst

Apakah ini berbeda? Ya. Programmer menciptakan program aplikasi, sedangkan system analyst menganalisa sebuah program aplikasi yang ada pada suatu organisasi. Apakah program tersebut sudah efisien, sudah cepat, dan lain-lain.
Terus, intinya bagusan yang mana? itu semua kembali lagi kepada anda. Lebih suka yang ke arah mana. Kalau anda suka komputer yang berbau bisnis, Sisfo sangat cocok. Sedangkan Teknik Informatika bisa dicontohkan adalah Game Programmer.
Berkeinginan menjadi Businesmaan IT dengan gaji standar perusahaan, namun berkelanjutan.. itulah "masa depan Sisfo"
atau
Berkeinginan menjadi Programmer IT Handal dengan gaji yang kadang bisa sesuai keinginan Si programmer,namun itu tergantung project yang dikerjakannya.. itulah gambaran "seorang Teknik Informatika"
tapi perlu dicatat juga nih:
Teknik Informatika adalah bagian dari Sisfo namun Sisfo bukan bagian dari Teknik Informatika, artinya anak sisfo juga bisa koq mengembangkan basic dasar Teknik Informatika yang diberikannya untuk menjadi Dua ahli bidang di atas.

0 comments:

Post a Comment