Kuliah Organisasi Sistem Komputer

Kurang lebih selama sepuluh pertemuan ini kita telah belajar mata kuliah organisasi komputer yang meliputi beberapa materi sesuai dengan Satuan Acara Perkuliahan yang ada. Semoga kalian dapat memahami mengenai materi yang telah berlalu. Sebagai ulasan rincian materi yang telah kita pelajari berdasarkan pembagian kelompok presentasi, antara lain:

Kelompok 1
1.Organisasi Komputer
2.Struktur dan Fungsi
3.Sejarah Perkembangan Komputer

Kelompok 2
1.Sistem bilangan
2.Pengkodean

Kelompok 3
1.Tipe Data
2.Representasi Fixed-point
3.Representasi Floating-Point

Kelompok 4
1. Aljabar Boolean
2. Karnough Map

Kelompok 5
1. Komponen logika kombinasional
   • Gerbang standar
   • Piranti Kombinasional MSI dan LSI
2. Komponen logika sekuensial
   • Flip-flop
   • Piranti Sekuensial MSI dan LSI

Kelompok 6
1. Blok diagram organisasi komputer dasar
2. Format Instruksi

Kelompok 7
1. Diagram blok CPU
2. ALU (Arithmatic Kogic Unit)
3. CLU (Control Logic Unit)
4. Register dan penerapannya pada CPU

Kelompok 8
1. Sistem input output
2. Pengaksesan I/O
3. I/O Terprogram
4. I/O Interupsi
5. Direct memory Access (DMA)
6. Interfacing Piranti

Sebagai bahan untuk persiapan kalian menghadapi Ujian Tengah Semester yang telah di depan mata, Saya akan memberikan tugas tambahan untuk dapat menjadikan patokan serta nilai tambahan untuk poin tugas kalian.

Tugas kali ini merupakan TUGAS INDIVIDU yang wajib kalian kerjakan di blog masing-masing atau posting artikel di blog. Pahami instruksi dan ketentuan tugas ini.

Kuliah Organisasi Sistem Komputer
Getting Started With Time Management
PENJELASAN TUGAS KULIAH ORGANISASI SISTEM KOMPUTER
Silahkan posting artikel yang berisikan tema salah satu topik materi dari salah satu kelompok yang terdapat pada penjelasan di atas. Buatlah postingan yang bertujuan me review materi dengan gaya bahasa kalian sendiri.

KETENTUAN PEMBUATAN TUGAS:
Terdapat Enam poin ketentuan yang harus Anda pahami dan ikuti untuk mengerjakan tugas ini. Keteledoran atau mengabaikan salah satu poin ketentuan berikut dapat mengurangi bahkan tugas tidak akan dinilai:
  1. Satu mahasiswa dalam satu kelompok yang sama harus membuat 1 postingan artikel dengan tema yang berbeda dari kelompok lain. Sebagai contoh:
    Rani , Budi dan Andi merupakan kelompok 1, sehingga dipastikan mereka tidak boleh membuat artikel dari kelompok mereka sendiri, maka diputuskanlah bersama bahwa : Si Rani membuat postingan dengan tema artikel I/O Terprogram dari kelompok 8 , kemudian Si Budi membuat artikel dengan tema Control Logical Unit dari kelompok 7, dan Si Andi membuat artikel dengan tema tipe data dari kelompok 3.
  2. Judul postingan artikel adalah judul tema materi yang Anda review. Sebagai Contoh:
    Judul artikel: Sejarah Perkembangan Komputer
  3. Postingan tulisan artikel MINIMAL sejumlah 600 (enam ratus) Karakter.
  4. Postingan artikel wajib menuliskan kata kunci: Kuliah Organisasi Sistem Komputer dengan link aktif ke halaman: http://uzi-online.blogspot.com/2000/11/kuliah-organisasi-sistem-komputer.html
  5. Silahkan tulis Nama Lengkap, KELAS, NPM, serta URL artikel kalian ke dalam kotak komentar di bawah, agar saya dapat membaca secara langsung posting artikel yang Anda buat. Sebagai Contoh:
    NAMA: RADEN RORO RANI
    NPM: 14109359
    KELAS: 2IA01
    URL: http://rani-online.blogspot.com/2000/11/sejarah-perkembangan-komputer.html
  6. DEADLINE TUGAS : HARI SENIN TANGGAL 1 DESEMBER 2014 JAM 6 PAGI
Selamat mengerjakan, Semoga Anda dapat mengerjakan Soal UTS Organisasi Komputer dengan lancar. Jaga kesehatan dan jangan terlambat datang, terlebih lagi tidak datang saat UTS. Mahasiswa yang tidak menghadiri UTS tanpa alasan yang jelas otomatis akan diberi nilai 0 (nol) oleh pihak kampus.

Salam Semangat dari Dosen Kuliah Organisasi Sistem Komputer Anda. :)
(Akhmad Fauzi)

0 comments:

Post a Comment