Trik Download BAB Penulisan di Repository UG

Selain untuk referensi Lomba Unlimited Software Building , Library gunadarma Repository yang berada di alamat: http://library.gunadarma.ac.id/repository/ juga layanan yang menyediakan beberapa referensi untuk beberapa mahasiswa yang sedang mencari dan membutuhkan ide penulisan ilmiah, skripsi, maupun penulisan lainnya. Layanan ini sangat dibutuhkan dan menguntungkan bagi para mahasiswa semester 6 maupun semester 8 yang sedang menjalani penulisan ilmiah dan skripsi. Akan tetapi sayangnya para mahasiswa harus puas untuk hanya mendapatkan referensi sampai dengan BAB 2 atau Landasan Teori, padahal untuk membuat suatu penulisan, terdapat 4 BAB yang harus dikerjakan, sehingga mahasiswa mentok dan pasrah untuk menggunakan layanan ini sampai dengan BAB ke 2 karena untuk layanan download BAB 3 dan BAB 4 untuk saat ini masih di kunci.
Di waktu lenggang tadi siang, salah seorang teman fauzi online mendapatkan beberapa referensi yang sangat bagus dan bermanfaat bagi penulisannya, karena dilanda penasaran juga, akhirnya sepulang kuliah fauzi online mencoba utak atik yang berlandaskan beberapa keberuntungan, dan hasilnya semua BAB ternyata sebenarnya memang dapat di download di repository Gunadarma. Hehehe *NYENGIRR AH* Berikut ini trik dari fauzi online, semoga bermanfaat demi kelancaran dan proses belajar mengenai penulisan ilmiah yang lebih baik:
  • Berniat lah terlebih dahulu bahwa yang akan dilakukan hanya untuk menambah referensi belajar BUKAN UNTUK DUPLIKASI PENULISAN!
  • Setelah niat selesai cobalah Ingat Pesan Bijak berikut: sebaik apapun tulisan dan karya orang Lebih akan baik dan bermakna jika penulisan buatan sendiri.
  • Setelah persiapan bathin sudah selesai. Mari dimulai silahkan cari penulisan ilmiah ataupun penulisan yang teman-teman inginkan.
  • Klik icon PDF pada BAB 2, maka akan tampil addressbar URL seperti di bawah ini:
  • Copikan URL di atas ke addressbar baru, dengan sedikit manipulasi berikut: URL untuk download BAB 2:
    “ http://library.gunadarma.ac.id/repository/files/11543/11107165/bab-ii.pdf
    lihatlah bagian URL yang fauzi beri warna tebal, misalkan saja itu adalah kode urutan file saat upload, dan yang terakhir adalah judul file yang diupload. Jadi dapat kita perkirakan URL untuk download BAB Berikutnya yaitu tinggal menambahkan 1 / increment pada kode urutan upload, selain itu karena judul file yang kita inginkan BAB 3 maka cobalah ganti judul file yang dimaksud. Sehingga dapat dipastikan URL untuk BAB 3 adalah:
    “http://library.gunadarma.ac.id/repository/files/11544/11107165/bab-iii.pdf
  • Copy dan paste kan URL manipulasi untuk download BAB penulisan yang diingin kan dengan teknik di atas dan BAB penulisan yang teman-teman inginkan pun ke dalam address bar baru. Akan terlihat bahwa proses download akan dimulai.
Hehe, Semoga trik ini bermanfaat, ingat pesan di atas yaah. See You.. Semoga sukses semuanya yah.. AMIIN

3 comments: