Tutorial Instalasi Java

Postingan sebelumnya Fauzi Online sudah membahas mengenai teknologi yang ada pada Java khan?? naah dipostingan kali ini karena sudah kenal dengan java saatnya kita mempersilahkan Java untuk singgah dikomputer atau leptop "Asus" kesayangan masing-masing pengunjung (Misalkan leptopnya bukan merk asus juga boleh koq)
hehehe.. Piss ah..
OK, langsung tothe point sajalah kira-kira salah benar inilah langkah-langkah menginstal Java:
langkah KeNOL
Ceileeh ada pula langkah keNol, haha . Download dulu nih software JAVAnya alias (jdk-6u23-windows-i586) ini versi yang sekarang fauzi online gunakan yah?
KLik: jdk-6u23-windows-i586

Langkah Pertama
Buka file instalasi Java SDK untuk mengeksekusi instalasi. file yang dieksekusi bernama lengkap jdk-6u23-windows-i586

Langkah Kedua
Akan muncul wizard pertama kali penginstalan java. Klik Next untuk melanjutkan

Langkah Ketiga
Akan Muncul wizard dengan pilihan-pilihan fitur atau komponen yang ingin anda sertakan dalam instalasi.. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Langkah Keempat
Instalasi Java SDK sedang berproses yang ditandai dengan progress-bar yang menunjukkan status instalasi.

Langkah Kelima
Setelah progress-bar mendekati 100%, akan dimunculkan pilihan lokasi untuk instalasi JRE6 atau Java Runtime Environment versi 6.

Langkah Keenam
Saat instalasi selesai, muncul kotak dialog yang memberitakan bahwa instalasi Java SDK telah selesai. Ada pilihan untuk membuka informasi registrasi produk, atau bisa juga melewatkan dengan mengklik tombol Finish


SELESAAAIIII.. untuk Menginstal Java, kemudian untuk ngoprek atau ngoding Javanya dimana? itu artinya kita juga harus membutuhkan text editor, salah satu text editor yang fauzi online gunakan yaitu :

NETBEANS IDE 6.9.1
Kenapa fauzi online menggunakan NETBEANS sebagai text editor untuk Java? Karena NetBeans adalah IDE pemrograman Java (bisa juga untuk C/C++) yang berbasis open source. Kelebihan NetBeans adalah sebagai seorang programmer java tidak perlu repot untuk membangun sebuah aplikasi Java meskipun masih buta sama sekali dengan coding Java. Selain itu, NetBeans bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi desktop (J2SE), aplikasi mobile (J2ME), serta aplikasi web atau yang bersifat enterprise.
Caranya juga cukup mudah bagi yang masih awam seperti Fauzi Online sendiri. Hehe

Silahkan diklik Link berikut Bagi yang merminat NETBEANS 6.9.1

OK setelah teman-teman membaca artikel fauzi online sampai saat ini seharusnya komputer teman-teman juga sudah terinstal Java dan Netbeans juga doong? hehe
Setelah beres instal harus melakukan apakah selanjutnya?
Ngoding laaah.. hahaha..
SALAM SEMANGAT FAUZI ONLINE yaa.. ^___^ See you

0 comments:

Post a Comment